Jokowi-PM Albanese Bahas Ekspor Mobil CBU hingga SDM

Senin, 06 Juni 2022 - 15:01 WIB
loading...
Jokowi-PM Albanese Bahas Ekspor Mobil CBU hingga SDM
Presiden Joko Widodo (Jokowi) bersama PM Australia Anthony Albanese, di Istana Kepresidenan Bogor, Jawa Barat, Senin 6 Juni 2022. Foto/Ist
A A A
JAKARTA - Presiden Joko Widodo (Jokowi) menerima kunjungan resmi Perdana Menteri (PM) Australia Anthony Albanese, di Istana Kepresidenan Bogor, Jawa Barat, Senin 6 Juni 2022. Dalam kunjungan tersebut, kedua pimpinan negara membahas beragam kerja sama ekonomi, salah satunya perluasan ekspor mobil utih (completely built up/CBU).

"Beberapa hal yang saya sampaikan, pertama, saya menyampaikan pentingnya perluasan akses ekspor produk Indonesia dengan nilai tambah tinggi ke Australia, misalnya otomotif. Ekspor perdana mobil CBU buatan Indonesia ke Australia telah dimulai di bulan Februari yang lalu dan saya mengharapkan akses ekspor seperti ini akan terus terbuka," ujar Jokowi dalam keterangannya yang disiarkan YouTube Sekretariat Presiden, Senin (6/6/2022).



Jokowi juga mengharapkan implementasi Indonesia-Australia CEPA (IA-CEPA), terutama terkait kesempatan WNI (Warga Negara Indonesia) untuk bekerja di Australia dapat ditingkatkan, termasuk penambahan kuota Working Holiday Visa menjadi 5.000 peserta per tahun.

"Yang ketiga, saya menyambut baik kerja sama di bidang pendidikan dan kesehatan. Pembukaan kampus Monash University di BSD diharapkan meningkatkan investasi Australia bagi pengembangan SDM (sumber daya manusia) berketerampilan tinggi di Indonesia. Saya juga mengapresiasi investasi Aspen Medical untuk membangun 23 rumah sakit dan 650 klinik di Provinsi Jawa Barat, senilai USD1 miliar selama 20 tahun," jelasnya.

Jokowi bersama PM Albanese juga membahas upaya menjaga keberlanjutan rantai pasok pangan, termasuk gandum, di tengah situasi dunia yang sangat sulit ini.

"Kerja sama peningkatan kapasitas di bidang food processing, food innovation, dan rantai pasok, penting untuk diperkuat. Saya juga menekankan pentingnya MoU (Memorandum of Understanding) pertanian antara kedua negara segera diimplementasikan," kata Kepala Negara.



Jokowi juga membahas penguatan kerja sama energi dan perubahan iklim. Dirinya pun menyambut baik inisiatif PM Albanese terkait kemitraan infrastruktur dan ketahanan iklim Republik Indonesia-Australia dengan dana hibah awal sebesar AUD200 juta. "Saya juga menyambut baik komitmen investasi Fortescue Metals Group di bidang hydropower dan geothermal senilai USD10 miliar, dan Sun Cable di bidang energi senilai USD1,5 miliar," tambahnya.

Terkait isu kawasan dan dunia, Jokowi bersama PM Albanese bertukar pikiran mengenai perang di Ukraina, kerja sama Indo-Pasifik dan penguatan kemitraan pembangunan di Pasifik. Secara umum, Presiden menyampaikan kembali posisi konsisten Indonesia bahwa hubungan baik kedua negara dapat memberikan kontribusi bagi perdamaian dan kemakmuran kawasan.

"Untuk itu, prinsip-prinsip dan hukum internasional harus dipatuhi secara konsisten. Strategic competition di kawasan perlu dikelola dengan baik untuk menghindari terjadinya konflik terbuka. Budaya damai dan strategic trust perlu terus diperkuat. Kita juga sepakat untuk memperkuat kemitraan di Pasifik, terutama di bidang iklim, perikanan, dan pertanian," paparnya.
(fai)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.3452 seconds (0.1#10.140)