Erick Thohir Tak Mau Pejuang Devisa Tersedot Lintah Darat

Senin, 06 Juni 2022 - 20:15 WIB
loading...
Erick Thohir Tak Mau Pejuang Devisa Tersedot Lintah Darat
Erick Thohir meminta bank Himbara membantu para pekerja migran. Foto/Dok
A A A
JAKARTA - Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Erick Thohir mewanti-wanti lembaga perbankan agar tak menjadi "lintah darat" bagi pekerja migran Indonesia ( PMI ) atau pejuang devisa. Erick juga menekankan tindakan mafia itu pun harus diberantas.



Sebagai gantinya, Erick terus mendorong agar Himpunan Bank Negara (Himbara) mendukung akses pendanaan atau kredit bagi PMI. Salah satunya melalui PT Bank Negara Indonesia Tbk (BNI).

Hingga saat ini BNI telah membuka rekening khusus senilai Rp1,1 triliun untuk 181.000 PMI. Erick mencatat, BNI telah menyalurkan kredit usaha rakyat (KUR) Rp816 miliar kepada 45.000 PMI sejak 2015. Capaian itu membuat BNI berkontribusi atas 95% penyaluran KUR nasional PMI.

"Sejak awal, saya dengan Pak Benny memberikan dorongan, pendanaan dengan BNI daripada terjebak lintah darat yang Pak Benny bilang mafia. Lalu juga ketika pulang mereka sudah terdaftar di data bank sehingga mereka bisa usaha sendiri nanti," ungkap Erick, Senin (6/6/2022).

Tak hanya BUMN di sektor perbankan, Erick juga memastikan perusahaan pelat merah di sektor lain akan mendukung para PMI. Dia mencontohkan PT Angkasa Pura II (Persero) atau AP II dan PT Garuda Indonesia Tbk.



Kedua perusahaan ini dinilai memberikan kemudahan dan kenyamanan dengan menyediakan PMI Lounge, sebagai jalur cepat keimigrasian khusus bagi para PMI. Lalu, menyediakan penerbangan tambahan khusus untuk memfasilitasi penerbangan PMI ke Korsel.

(uka)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1868 seconds (0.1#10.140)