Sentra Komoditas, Fasilitas ECF Brebes Kumpulkan dan Sortir Hasil Panen Bawang Merah

Senin, 06 Juni 2022 - 18:35 WIB
loading...
Sentra Komoditas, Fasilitas ECF Brebes Kumpulkan dan Sortir Hasil Panen Bawang Merah
Menjawab kebutuhan pasar Jawa Tengah yang terus meningkat, Eden Collection Facility (ECF) Brebes hadir sebagai sentra komoditas pasca panen, utamanya untuk komoditas bawang merah dari petani setempat. Foto/Dok
A A A
BREBES - Menjawab kebutuhan pasar Jawa Tengah yang terus meningkat, EdenFarm meresmikan Eden Collection Facility (ECF) Brebes, Selasa (31/5). ECF merupakan fasilitas EdenFarm untuk mengoptimalkan rantai pasok, yang juga menjadi wadah bagi para petani untuk mendapatkan pendampingan dan pelatihan dari EdenFarm agar dapat menghasilkan panen yang optimal.

ECF Brebes yang berdiri di atas lahan seluas 900 m2 dengan kapasitas hingga 10 ton, melengkapi daftar ECF yang telah beroperasi termasuk ECF Caringin, ECF Sumedang, ECF Cipanas, ECF Pangalengan dan ECF Nganjuk.



ECF Brebes berfungsi sebagai sentra komoditas pasca panen, utamanya untuk komoditas bawang merah dari petani setempat, dengan rerata supply 50 ton per bulan.

EdenFarm menargetkan sebanyak 25 ECF dapat beroperasi hingga akhir tahun 2022 untuk menjaga stabilitas supply dan demand dan memberdayakan petani setempat. ECF Brebes dengan luas 900m2 berfungsi sebagai sentra komoditas pasca panen, utamanya untuk
komoditas bawang merah dari petani setempat, dengan rerata supply 50 ton per bulan.

“ECF Brebes yang kami luncurkan hari ini dirancang sebagai pusat komoditas pasca panen , dimana kami mengumpulkan dan menyortir hasil panen bawang merah dari mitra tani setempat, untuk kemudian didistribusikan ke Eden Fulfilment Center di kota-kota besar dan memenuhi permintaan customer EdenFarm," ucap Chief of Supply & Purchasing Officer (CSPO) EdenFarm, Oki Harmawan.

"Kami mengapresiasi kerjasama mitra tani yang telah berkomitmen dalam mensuplai hasil panen yang sesuai spek, sehingga kami terus dapat menghadirkan konsistensi permintaan dari pelanggan B2B kami," sambungnya.

Dengan demikian, hasilnya pun dapat dirasakan oleh para mitra petani, dimana dengan komitmen EdenFarm menjadi off-taker dan didukung dengan komitmen petani dalam memberikan hasil panen yang optimal, EdenFarm dapat meningkatkan pendapatan mitra petani hingga 200% sehingga turut berkontribusi terhadap ekonomi pedesaan.

Kepala Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan (DPKP) Kab. Brebes, Ir Yulia Hendrawati dalam sambutannya menyampaikan apresiasinya terhadap misi EdenFarm untuk menstabilkan harga pangan.

“Harapan kedepannya, EdenFarm dapat menjadi offtaker untuk komoditas lainnya, karena Brebes memiliki banyak komoditas seperti cabe rawit hijau, kentang, tomat, kubis, hingga kopi,” ujar Yulia.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1225 seconds (0.1#10.140)