Sofyan Djalil Sebut Sertifikat Tanah yang Melek Sekolah Baru 10 Persen

Selasa, 07 Juni 2022 - 17:35 WIB
loading...
Sofyan Djalil Sebut Sertifikat Tanah yang Melek Sekolah Baru 10 Persen
Sofyan Djalil akan mendorong sertifikasi tanah karena berdampak pada ekonomi. Foto/Dok
A A A
JAKARTA - Menteri Agraria dan Tata Ruang/Kepala Badan Pertanahan Nasional Sofyan Djalil mengatakan saat ini tercatat setidaknya sudah ada delapan juta sertifikat tanah yang digadaikan atau "disekolahkan".



Menurutnya, kepemilikan sertifikat tanah berdampak cukup baik untuk perekonomian negara. Sebab dengan memiliki sertifikat tanah yang legal, masyarakat memiliki jaminan untuk mengakses permodalan, dan bahkan lebih mudah.

"Dari catatan kami, yang menyekolahkan sertifikat sekira delapan juta, baru sekira 10%. Kalau 80 juta ini semua bisa di-leverage, luar biasa dampak ekonominya," ujar Sofyan Djalil dalam konferensi pers di kantornya, Selasa (7/6/2022).

Oleh karenanya Sofyan Djalil menjelaskan saat ini pihaknya tengah melakukan digitalisasi dalam hal penciptaan sertifikat tanah. Harapannya agar tanah masyarakat bisa lebih mudah untuk disertifikasi.

"Presiden memerintahkan kami untuk mempercepat pendaftaran tanah, tujuan akhirnya memberikan kepastian hukum dan memberikan financial inclusion," sambung Sofyan Djalil.



Sofyan Djalil menjelaskan saat ini masyarakat masyarakat yang belum bisa masuk ke lembaga keuangan formal karena sebagian masyarakat masih memiliki tanah, namun belum mempunyai sertifikat.

"Kami berkeinginan untuk mendaftarkan seluruh tanah di seluruh Indonesia. Kalau sudah terdaftar, maka masyarakat yang selama ini tidak memiliki akses ke lembaga keuangan formal menjadi punya," lanjutnya.

Sofyan Djalil menambahkan peluncuran layanan-layanan digital akan terus dikembangkan sehingga ke depan diharapkan lebih efisien dan bisa bekerja lebih cepat.



"Dengan demikian, transaksi-transaksi pertanahan dapat dilakukan secara lebih cepat dan efisien," pungkasnya.
(uka)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1415 seconds (0.1#10.140)