TIK Jadi Tonggak Perdagangan Digital, Mendag: Setiap Orang Punya Kesempatan Terbaik

Rabu, 08 Juni 2022 - 13:15 WIB
loading...
TIK Jadi Tonggak Perdagangan Digital, Mendag: Setiap Orang Punya Kesempatan Terbaik
Menteri Perdagangan (Mendag) Muhammad Lutfi. Foto/Ist
A A A
JAKARTA - Menteri Perdagangan (Mendag) Muhammad Lutfi mengatakan, pertumbuhan platform online mampu mendongkrak volume pengiriman barang di seluruh lapisan dunia.

Hal ini menggambarkan bahwa teknologi informasi dan komunikasi (TIK) telah menjadi tonggak perdagangan digital.

"Masa depan perdagangan internasional akan bergantung pada seberapa efektif sebuah negara dapat menyediakan infrastruktur dan penyebaran teknologi yang diperlukan," ujar Mendag Lutfi dalam seminar Digital Transformation in Trade disiarkan secara virtual, Rabu (8/6/2022).



Dia juga bilang, transformasi digital membawa banyak manfaat dan peluang. Namun di saat bersamaan, digitalisasi juga membawa risiko, tantangan serta gangguan baru yang perlu disikapi.

"Untuk mencapai pembangunan berkelanjutan, kita perlu memastikan bahwa setiap orang memiliki kesempatan terbaik untuk berpartisipasi dan mendapatkan manfaat dari transformasi digital ekonomi kita," kata Mendag.

Menurut dia, presidensi G20 Indonesia memiliki peluang untuk membangun konsensus dan mendukung transformasi digital yang mempromosikan perdagangan inklusif dan Sustainable Development Goals (SDG's).



"Dalam konteks ini saya ingin menyarankan kita semua untuk mulai membangun kepercayaan dan bersinergi untuk membahas peran apa yang dapat dimainkan G20 untuk memastikan lapangan bermain yang adil, transparan dan setara untuk transformasi digital," tutur Mendag.

Mendag menambahkan, webinar di bawah Trade Industry and Investment Working Group tersebut (TIIWG) membahas banyak hal seputar transformasi digital, termasuk aliran data, infrastruktur digital, regulasi, dan partisipasi UMKM.



"Saya berharap tahun ini kami dapat memberikan hasil yang nyata untuk menjawab tantangan transformasi digital," pungkasnya.
(ind)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1396 seconds (0.1#10.140)