Sri Mulyani Minta Pemda Tak Parkir Dananya di BPD

Rabu, 08 Juni 2022 - 17:29 WIB
loading...
Sri Mulyani Minta Pemda Tak Parkir Dananya di BPD
Sri Mulyani minta pemda menggunakan dananya untuk mendorong pertumbuhan. Foto/Dok
A A A
JAKARTA - Menteri Keuangan Sri Mulyani meminta pemerintah daerah (pemda) agar lebih mampu menjaga stabilisasi anggaran pendapatan dan belanja daerah ( APBD ). Sri Mulyani juga meminta pemda merancang APBD-nya untuk menghadapi berbagai guncangan ekonomi.



“Ini yang kita sebetulnya minta supaya daerah makin memiliki kemampuan untuk shock absorber juga,” ungkap Sri pada rapat kerja bersama Komite IV Dewan Perwakilan Daerah (DPD), dikutip Rabu (8/6/2022).

Sri menilai pemerintah daerah membutuhkan pengelola keuangan yang dapat menjaga APBD saat menghadapi tekanan dan guncangan, seperti yang dialami pemerintah pusat. Oleh karena itu, pemerintah menerbitkan Undang-Undang Hubungan Keuangan antara Pemerintah Pusat dan Pemerintahan Daerah (UU HKPD) agar pemerintah daerah bisa melakukan pembiayaan kreatif dan pendanaan yang terintegrasi.



“Tujuannya supaya daerah itu tidak selalu begitu, pusat menggelontorkan banyak, duitnya ‘ngendon’ di BPD (bank pembangunan daerah). Atau kalau waktu (dananya) diambil, mereka juga langsung lumpuh. Mestinya bisa melakukan apa yang disebut stabilisasi antarwaktu dan antarpos. Ini yang kita harapkan,” ujar Sri.

Lebih lanjut, dia berharap transfer ke daerah dan dana desa (TKDD) dalam UU HKPD dapat meningkatkan kemampuan daerah dalam menciptakan kualitas spending yang berorientasi pada target pembangunan nasional. Tujuannya untuk menciptakan multiplier effect dalam mendorong transformasi ekonomi dan memperbaiki kualitas sumber daya manusia (SDM) Indonesia.



“Jadi di daerah memang masih perlu terus ditingkatkan kapasitas dan pengelolaan keuangan daerahnya. Tentu kerja sama, komitmen dari seluruh pemerintah daerah, kementerian lembaga akan sangat penting untuk kita bisa bersama-sama menjaga ekonomi, menjaga rakyat, dan menjaga APBN,” pungkas Sri.
(uka)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.4054 seconds (0.1#10.140)