Resesi Global Mengintai, Pemerintah Perlu Tambah Bantuan Tunai dan Nontunai

Senin, 13 Juni 2022 - 14:39 WIB
loading...
Resesi Global Mengintai, Pemerintah Perlu Tambah Bantuan Tunai dan Nontunai
Ilustrasi BLT minyak goreng. Foto/Dok Antara
A A A
JAKARTA - Resesi global kian mengancam seiring tingginya inflasi di sejumlah negara. Inflasi yang terjadi otomatis bakal menggerus daya beli masyarakat.

Direktur Center of Economic and Law Studies (Celios) Bhima Yudhistira mengatakan, ketika inflasi global naik, masyarakat bakal lebih cenderung menyimpan uangnya atau lebih berhemat.

"Daya beli masyarakat bisa melemah dan cenderung saving atau berhemat," ujarnya kepada MNC Portal Indonesia (MPI), Senin (13/6/2022).



Oleh karena itu, kata Bhima, pemerintah perlu membuat kebijakan yang bertujuan untuk menjaga tingkat konsumsi masyarakat bawah. Pasalnya konsumsi rumah tangga berkontribusi cukup besar terhadap Produk Domestik Bruto (PDB).

Selain itu, kata Bhima, pemerintah perlu meningkatkan jaring pengaman berupa bantuan tunai atau BLT dan non tunai kepada kelas menengah rentan miskin.

“Agar penerima manfaat tepat sasaran diperlukan perbaikan kualitas pendataan penerima bansos. Sinkronisasi data antara yang dimiliki pusat dan daerah perlu di diperhatikan,” tandasnya.



Bhima menambahkan, penambahan alokasi subsidi pupuk menjadi hal yang penting untuk mendorong kenaikan nilai tukar petani. Sebab, jika harga pupuk yang dibeli petani sudah mahal, sudah tentu akan menggerus pendapatan para petani.

"Mendorong kenaikan nilai tukar petani melalui penambahan alokasi subsidi pupuk, dan perbaikan rantai distribusi pangan," terangnya.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.3139 seconds (0.1#10.140)