10 Kampanye Iklan Paling Berpengaruh di Dunia

Sabtu, 27 Juni 2020 - 09:53 WIB
loading...
10 Kampanye Iklan Paling Berpengaruh di Dunia
Pemasaran adalah bagian penting sebuah korporasi atau entitas tertentu untuk meningkatkan brand produk. Dalam konteks ini keberadaan slogan iklan sangat penting dalam marketing. Ilustrasi/SINDOnews/Titus Jefika Heri Hendarmawan
A A A
PEMASARAN adalah bagian penting sebuah korporasi atau entitas tertentu untuk meningkatkan brand produk . Dalam konteks ini keberadaan slogan iklan sangat penting dalam marketing .

Slogan menarik tidak hanya melekat di kepala namun juga dapat mengubah cara berpikir konsumen tentang produk yang diiklankan. Berikut kampanye iklan paling berpengaruh dalam sejarah dunia periklanan.

1. I Want You

10 Kampanye Iklan Paling Berpengaruh di Dunia


Kampanye ‘I want You’ bukan kampanye korporat melainkan iklan populer besar-besaran yang dibuat oleh pemerintah untuk membujuk orang agar bergabung dengan Angkatan Darat AS selama Perang Dunia I dan II.

Iklan ini menampilkan figur seorang pria berjanggut, alis lebat, dan topi tinggi dengan bintang menunjuk pembaca dengan pesan di bawah mengatakan 'I Want You'. Slogan ini mudah diingat dan tidak ada yang bisa menyangkal efektivitasnya di masa itu. (Lihat grafis: 5 Aplikasi Info Lowongan Kerja buat Mahasiswa yang Baru Lulus)

2. Marlboro Man

10 Kampanye Iklan Paling Berpengaruh di Dunia


Jika selama ini iklan merokok yang dipromosikannya adalah kebiasaan sangat tidak sehat dan terkait langsung dengan kematian beberapa modelnya, hal itu tidak terjadi pada iklan ‘Marlboro Man’. Pengaruh iklan ini tidak ada yang menyangkal berdampak besar pada dunia periklanan khususnya iklan rokok. (Baca juga: FacebooK Hapus Puluhan Iklan Donald Trump yang Berisikan Kebencian)

Berkat iklan ‘Marlboro Man’ banyak iklan rokok menampilkan berbagai citra lelaki macho merokok, biasanya di medan dengan pemandangan indah. Tema koboi dalam ‘Marlboro Man’ terbukti populer menciptakan citra maskulin dan menarik yang dikaitkan dengan asap.

3. A Diamond Is Forever

10 Kampanye Iklan Paling Berpengaruh di Dunia


De Beers meluncurkan slogan sederhana ini pada 1947 dan masih digunakan sampai sekarang, menjadikannya salah satu kampanye iklan paling lama berjalan sepanjang masa. Slogan 'A Diamond Is Forever' ditulis oleh Frances Gerety dari biro iklan Philadelphia NW Ayer.

Selama Depresi Hebat, penjualan berlian menurun. Slogan De Beers mengubah sebagian besar hubungan Amerika dengan berlian. Novel keempat Ian Fleming yang menampilkan protagonis James Bond diterbitkan pada 1956 dengan judul 'Diamonds Are Forever', semakin memperkuat slogan De Beers ke dalam zeitgeist budaya.

4. Mac vs PC

10 Kampanye Iklan Paling Berpengaruh di Dunia


Kampanye Mac vs PC adalah satu rangkaian iklan yang dikenal secara universal dan merupakan serangkaian iklan televisi yang berlangsung dari 2006 hingga 2009 di negara-negara seperti AS, Kanada, dan Jepang. Fitur Mac diwakili oleh seorang pria santai, dan seorang pria berkancing dalam jas yang melambangkan PC.

Mereka kemudian menurunkan kualitas dan atribut Mac dan PC, membandingkan diri mereka dengan cara yang lucu di mana Mac selalu keluar di atas. (Baca juga: Tinggalkan Intel, Mac Akan Ditenagai Apple Silicon)

5. Taste The Rainbow

10 Kampanye Iklan Paling Berpengaruh di Dunia


Kampanye The Taste The Rainbow dari Skittles adalah salah satu kampanye iklan paling lama bertahan dalam sejarah periklanan. Iklan-dibuat pada situasi-situasi absurd dan hampir tidak menyenangkan, tempat permen menemukan dirinya dimasukkan ke dalam situasi yang tidak mungkin seperti penculikan alien atau bersama dengan karakter aneh seperti seorang pria yang terlihat seperti pinata. Mereka bekerja karena mereka membakar citra aneh mereka ke dalam benak konsumen bersama dengan kemungkinan membangkitkan keinginan untuk permen.

6. Real Beauty

10 Kampanye Iklan Paling Berpengaruh di Dunia


Kampanye ‘Real Beauty’ Dove adalah serangkaian iklan, lokakarya, video, acara, dan bahkan buku yang diterbitkan di seluruh dunia, yang semuanya berpusat pada membangun kepercayaan diri pada wanita dan anak-anak muda melalui perayaan penampilan alami dan fokus untuk membuat wanita merasa nyaman dengan kulit mereka.

Slogan kampanye iklan Dove ‘Real Beauty’ ini menggunakan papan reklame yang menampilkan foto-foto wanita biasa sebagai pengganti model-model professional dan video-video di mana wanita diambil berdasarkan deskripsi ramah dari orang asing.

7. Share A Coke

10 Kampanye Iklan Paling Berpengaruh di Dunia


Kampanye iklan ‘Share a Coke’ pertama kali diluncurkan di Australia pada 2011. Iklan ini merupakan upaya mengubah bungkus tradisional di sekitar minuman dengan bertuliskan "Berbagi Coke dengan ..." diikuti dengan nama yang populer.

Slogan ini akan diterima dengan baik sehingga pada akhirnya akan diadopsi di negara-negara lain di seluruh dunia dengan muatan lokal unik mereka sendiri, seperti papan iklan interaktif di Israel atau nama panggilan tercetak di China.

8. Red Bull Gives You Wings

10 Kampanye Iklan Paling Berpengaruh di Dunia


‘Red Bull Gives You Wings’ adalah kampanye menampilkan serangkaian kartun yang menggambarkan karakter minuman bermerek perusahaan sebelum mengembangkan sayap dan terbang menjauh. Kumpulan iklan menawan ini dibuat Johannes Kastner bersama dengan arahan artistik sutradara Horst Sambo.

Kampanye iklan ini memiliki karakter khas yang menjelaskan popularitas masif, yang telah menyebar ke titik di mana kampanye ini sekarang dijalankan lebih dari 170 negara di seluruh dunia.

9. Got Milk?

10 Kampanye Iklan Paling Berpengaruh di Dunia


Slogan 'Got Milk?' pertama kali diluncurkan pada 1993 dalam upaya mendorong konsumen minum lebih banyak susu. California Milk Processor Board merekrut perusahaan periklanan Goodby, Silverstein & Partners untuk meningkatkan penjualan mereka.

Sedangkan kampanye 'Got Milk?' dimulai sebagai iklan, dengan cepat menjadi bagian yang tak terhapuskan dari budaya populer. Banyak iklan menampilkan selebriti dengan kumis susu. Dari model Naomi Campbell hingga pebasket Dennis Rodman. (Baca juga: Cara Naomi Campbell Terhindar dari Infeksi Virus Corona)

10. Just Do It

10 Kampanye Iklan Paling Berpengaruh di Dunia


Nike, Inc. (NKE) mengadopsi slogan ini pada 1988 ketika perusahaan berada di tengah kesulitan keuangan. Pepatah sederhana ini sekarang tidak dapat dipisahkan dari perlengkapan merek olahraga atletik. (Baca juga: Kolaborasi dengan 7-Eleven, Nike SB Luncurkan SB Dunk Low Khusus)

Dapat dikatakan bahwa 'Just Do It' adalah perkataan yang sempurna untuk sebuah perusahaan yang menjual pakaian atletik dan barang dagangan karena menginspirasi perasaan berani dan mendorong konsumen berusaha lebih keras. Keberhasilan slogan ini sekarang dianggap sebagai bagian penting dari kesuksesan Nike di tahun-tahun sejak diluncurkan.

Sumber: www.worldatlas.com
(poe)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.5146 seconds (0.1#10.140)