Ingin Kuliah Sambil Berbisnis? Simak 3 Tips Berikut

Senin, 20 Juni 2022 - 14:14 WIB
loading...
Ingin Kuliah Sambil Berbisnis? Simak 3 Tips Berikut
Yulia Retno Sari, mahasiswi semester 6 yang sejak 2019 sudah menekuni bisnis berjualan produk digital menggunakan aplikasi Mitra Shopee. Foto/Ist
A A A
JAKARTA - Pesatnya perkembangan teknologi dan internet membuka peluang bagi siapapun untuk memulai dan mengembangkan bisnis, termasuk bagi generasi milenial dan Gen Z.

Mengutip laporan We Are Social 2022, pengguna internet di Indonesia telah mencapai 204,7 juta sehingga semakin banyak masyarakat yang dapat dengan mudah terhubung ke berbagai layanan yang serba digital.

Peluang tersebut ditangkap oleh Yulia Retno Sari, mahasiswi semester 6 yang sejak 2019 sudah menekuni bisnis berjualan produk digital menggunakan aplikasi Mitra Shopee.

Aplikasi ini menawarkan berbagai produk digital termasuk pulsa, paket data, token PLN, voucher game, layanan pembayaran berbagai tagihan hingga isi saldo ShopeePay.

Yulia yang masih berusia 20 tahun dan berdomisili di Cilandak, Jakarta Selatan, rupanya sudah tidak asing dengan dunia wirausaha.

Sebelum menekuni bisnis produk digital melalui Mitra Shopee, dia telah lama membantu ibunya di toko sembako dan berbagai kebutuhan sehari-hari yang keluarganya miliki.

Dia pun sudah berpengalaman dalam mencoba berbagai peluang usaha, salah satunya dengan menjadi reseller produk kecantikan di lokapasar atau marketplace Shopee hingga saat ini.

Menurut dia, saat ini berwirausaha tidaklah sulit. Tidak perlu modal uang yang besar, hanya dengan smartphone dalam genggaman dia bisa menjual berbagai produk secara digital.

“Pertama kali saya memahami konsep berbisnis adalah dari ibu saya yang kebetulan memiliki toko sembako yang dijalankan dari rumah,” ujar mahasiswi jurusan Keperawatan itu, dikutip Senin (20/6/2022).

Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.3383 seconds (0.1#10.140)