Sofjan Wanandi anggap WTO di Bali tak ada gunanya

Selasa, 12 November 2013 - 14:37 WIB
Sofjan Wanandi anggap WTO di Bali tak ada gunanya
Sofjan Wanandi anggap WTO di Bali tak ada gunanya
A A A
Sindonews.com - Ketua Umum Asosiasi Pengusaha Indonesia (Apindo) Sofjan Wanandi menganggap pertemuan Konferensi Tingkat Menteri (KTM) World Trade Organization (WTO) di Nusa Dua, Bali mendatang tak ada manfaat buat Indonesia.

Diketahui, konferensi yang akan digelar 3-6 Desember 2013 di Nusa Dua, Bali akan dihadiri oleh para menteri negara anggota WTO.

"Bagaimana kita melakukan capaian dari yang kita inginkan, apa kita bisa melihat WTO sebagai manfaat? Saya enggak," ungkap Sofjan Wanandi saat diskusi terkait persiapan KTM WTO ke-9, di kantor Kementerian Perdagangan (Kemendag), Jakarta, Selasa (12/11/2013).

Bahkan menurut Sofjan, acara-acara bertarif internasional seperti KTM WTO ke-9 akan membuat kemacetan terutama di kawasan Nusa Dua, karena tingginya arus kunjungan ke wilayah tersebut.

"WTO itu cuma bikin macet. Enggak ada manfaatnya, kalau Bali itu enggak capai apa-apa kita ikut macetkan saja. Enggak ada gunanya," katanya.

Rencananya dalam KTM WTO ke-9, ada tiga isu utama yang diangkat yaitu pertanian, fasilitas perdagangan, dan pembangunan. Menurut Sofjan tidak ada arah yang jelas untuk memperjuangkan kepentingan nasional. Sofjan pesimis sebaiknya pemerintah tidak berharap terlalu banyak dari pertemuan WTO.

"Seharusnya tiap WTO harus kita lihat segi kepentingan nasional. Apa untung kita jadi tuan rumah. Kadang-kadang kita, saya melihat enggak tahu sebagai tuan rumah enggak tahu inginnya terus hasilnya seperti apa," pungkasnya.
(gpr)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.4427 seconds (0.1#10.140)