Rayakan HUT DKI Jakarta, Apical Group-Pemprov DKI Tanam 3.000 Mangrove

Rabu, 22 Juni 2022 - 16:33 WIB
loading...
Rayakan HUT DKI Jakarta, Apical Group-Pemprov DKI Tanam 3.000 Mangrove
Apical Director Bernard A. Riedo (dua kiri) dan Kepala Bidang Kehutanan Dinas Pertamanan dan Hutan Kota Provinsi DKI Jakarta Dirja Kusumah (tiga kanan) menanam mangrove di kawasan Ekowisata Mangrove Pantai Indah Kapuk, Jakarta, Rabu (22/6/2022).
A A A
JAKARTA - Apical Group, melalui unit bisnisnya PT Asianagro Agungjaya (PT AAJ) berkolaborasi dengan Dinas Pertamanan dan Hutan Kota DKI Jakarta melaksanakan penanaman 3.000 mangrove di kawasan Ekowisata Mangrove Pantai Indah Kapuk, Rabu (22/6/2022). Kegiatan ini dilakukan dalam rangka merayakan Hari Ulang Tahun (HUT) DKI Jakarta ke-495.

Bernard A. Riedo, Apical Director, mengatakan bahwa kegiatan penanaman mangrove ini merupakan salah satu perwujudan nyata dari filosofi grup perusahaan, yaitu good for climate, atau baik untuk iklim, yang termasuk dalam 5Cs (good for community, good for country, good for climate, good for customer, dan good for company).

(Baca juga:Apical Group Partisipasi Ekspor Pertanian ke Pasar Global)

Selain itu, wujud dari komitmen keberlanjutan perseroan yang telah tertuang dalam komitmen jangka panjang yaitu Apical2030. Di mana salah satu program Apical adalah penanaman mangrove.

“Kami juga berkomitmen untuk fokus akan keberlanjutan termasuk juga aspek lingkungan, sosial, dan tata kelola di dalam bisnis kami yang terintegrasi dari hulu ke hilir,” kata Bernard dalam keterangan tertulisnya, Rabu (22/6/2022).

(Baca juga:Produksi Minyak Sawit Apical Marunda Belum Terdampak Covid-19)

Selain itu, menurut Bernard, kegiatan ini dilakukan bersamaan dengan momentum HUT DKI Jakarta karena Apical Group ingin memberikan sesuatu yang bermanfaat untuk Jakarta di hari jadinya.

“Dalam rangka memperingati HUT DKI Jakarta dengan tema Kolaborasi, Akselerasi, Elevasi, kami, Apical Group merayakannya dengan berkolaborasi dengan Pemerintah Provinsi DKI Jakarta dan Dinas Pertamanan dan Hutan Kota DKI Jakarta dalam menyukseskan program rehabilitasi mangrove di Jakarta,” kata Bernard.

(Baca juga:Peduli Kesehatan Selama Pandemi, Apical Bagikan Sembako untuk Warga Babelan)

Kepala Bidang Kehutanan Dinas Pertamanan dan Hutan Kota Provinsi DKI Jakarta Dirja Kusumah mengatakan bahwa Dinas Pertamanan dan Hutan Kota DKI Jakarta mendukung kegiatan yang diinisiasi Apical Group.

“Pelestarian ekosistem hutan termasuk mangrove ini harus terus ditingkatkan karena memiliki kekayaan hayati yang banyak. Hutan mangrove juga memiliki peran yang penting terhadap perubahan iklim Indonesia,” tambah Dirja.

Di kesempatan yang sama, Apical Group turut menghadirkan olahan pangan dari mangrove jenis pidada (Sonneratia sp.) berupa sirup mangrove, dodol mangrove, serta keripik mangrove yang diproduksi dan dikelola oleh kelompok binaan Dinas Pertamanan dan Hutan Kota DKI Jakarta.

Kelompok binaan Pemerintah tersebut juga diberikan kesempatan untuk menjelaskan produk olahannya. Diharapkan masyarakat dapat mengetahui bahwa potensi mangrove tidak hanya bermanfaat untuk lingkungan, tapi juga bernilai ekonomis dan dapat diolah menjadi berbagai hal termasuk olahan pangan.
(dar)
Komentar
Copyright © 2022 SINDOnews.com
read/ rendering in 0.1420 seconds (10.177#12.26)