Ragam Manfaat Limbah Sawit yang Jarang Diketahui

Kamis, 23 Juni 2022 - 13:30 WIB
loading...
Ragam Manfaat Limbah Sawit yang Jarang Diketahui
Kelapa sawit memiliki beragam manfaat. FOTO/SINDOnews
A A A
JAKARTA - Kelapa sawit merupakan komoditas yang semua morfologi tanamannya dapat dimanfaatkan menjadi produk yang bernilai guna dan ekonomi tinggi.

CSR Officer Sinarmas Agribusiness and Food Donni Indra mengatakan kelapa sawit merupakan sumber minyak nabati yang paling produktif untuk menjadi bahan baku biodiesel. Tidak hanya itu, limbah sawit juga dapat digunakan untuk pembuatan produk sabun dan lilin hias, aromaterapi dari minyak goreng sawit bekas.

"Minyak sawit dapat ditemukan dalam semua produk turunan yang digunakan baik produk pangan, oleokimia, hingga bahan bakar," kata dia dalam acara Kupas Tuntas Mitos dan Fakta tentang Kelapa Sawit secara hybrid, baru-baru ini.



Pada kesempatan yang sama, Tim dari LP2M Universitas Negeri Makassar Moh. Ahsan S. Mandra menambahkan bahan-bahan yang dibutuhkan dalam pembuatan lilin aromaterapi tersebut di antaranya minyak jelantah, bubuk stearin (pengeras minyak) atau paraffin (wax), crayon bekas untuk pewarna, essential oil (aromaterapi), benang katun (sumbu), gelas kaca (wadah), serta lidi atau tusuk gigi (penyangga sumbu).

"Minyak jelantah juga berpotensi dijadikan sebagai bahan baku biodiesel. Bahkan, Jika minyak jelantah dikelola dengan baik maka dapat memenuhi 32 persen kebutuhan biodiesel nasional," jelasnya.

Ketua PGRI Provinsi Sulawesi Selatan Hasnawi Haris mengatakan bahwa sawit memiliki beragam manfaat. Berbagai jenis produk turunannya merupakan komoditas yang sangat dibutuhkan untuk kepentingan masyarakat dan negara.

Hasnawi mendorong generasi muda menjadi duta sawit yang berperan penting dalam penyebaran informasi positif tentang kelapa sawit. Tidak hanya itu, juga diharapkan untuk memahami manfaat dan maslahat kelapa sawit secara luas.



Sementara itu, Kepala Bidang GTK Dinas Pendidikan Provinsi Sulawesi Selatan Muhlis menyatakan dukungannya untuk melahirkan duta-duta sawit. "Langkah ini ditempuh guna menangkis isu-isu negatif yang diterima generasi muda soal sawit," jelasnya.

Sebagai informasi kegiatan tersebut diadakan oleh BPDPKS. Hadir dalam acara tersebut perwakilan dari Gabungan Pengusaha Kelapa Sawit Indonesia (Gapki), Apkasindo, dan Aprobi.

(nng)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1451 seconds (0.1#10.140)