Kisah Sukses Seorang Mahasiswi, Setahun Bisa Cuan Rp828 Juta

Minggu, 26 Juni 2022 - 16:00 WIB
loading...
Kisah Sukses Seorang Mahasiswi, Setahun Bisa Cuan Rp828 Juta
Chloe Tan, mahasiswa 21 tahun di Chicago. FOTO/CNBC
A A A
JAKARTA - Kisah Chloe Tan , mahasiswi 21 tahun di Chicago yang hasilkan hampir USD56.000 atau setara Rp828.80 juta dalam setahun dengan les. Chloe Tan memiliki latar belakang istimewa. Dia lahir di Singapura dan dibesarkan di sekolah internasional di Shanghai, dengan banyak teman sekelas mayoritas orang kaya.

Ibunya tumbuh dan bekerja di perbankan swasta, sementara ayahnya bekerja di bioteknologi. Saat ini, orang tua Tan menanggung biaya kuliah triwulanan senilai USD20.000 di University of Chicago. Saat ini dia sedang belajar ekonomi dan ilmu data.

Dia berbagi kecintaan ibunya pada label desainer dan baru-baru ini menghemat USD1.125 untuk sepasang sepatu hak Manolo Blahnik. “Saya pikir di A.S. orang membuat banyak asumsi tentang Anda berdasarkan berapa banyak uang yang mereka pikir Anda miliki,” kata Tan, seperti dilansir CNBC, Minggu (26/6/2022).

“Saya tahu beberapa orang di kampus berpikir saya berpakaian sedikit mencolok, dan beberapa orang tidak peduli sama sekali,” lanjutnya.



Tan lebih suka berbicara tentang cara-cara kreatif, dia dan teman-temannya menghasilkan uang. Tan mengatakan tumbuh kaya memotivasi dia untuk mulai mendapatkan uang sendiri sejak dini.

Di sekolah menengah, dia belajar membeli pakaian dari pengecer grosir dan menjualnya kembali di media sosial. Di sekolah menengah, dia memulai bisnis bimbingan belajar, yang dia lanjutkan hari ini.

Pada tahun 2021, Tan menghasilkan USD55.770 dari les. Inilah cara dia mengatur waktu dan uangnya sebagai mahasiswa internasional penuh waktu di Chicago. Tan memulai bisnis bimbingan belajarnya sekitar tahun 2016 ketika dia tinggal di Shanghai. Suatu hari, dia menawarkan untuk membantu adik laki-lakinya dan temannya mempersiapkan kompetisi debat.

Setiap minggu mereka membawa beberapa teman lagi yang membutuhkan bantuan untuk tugas sekolah mereka. Setelah beberapa saat, ibu Tan mendorongnya untuk mulai mengajar mereka dengan bayaran. Saat ini, Tan mengajar 16 siswa internasional di Shanghai, mulai dari kelas 7 hingga kelas 11, tentang kurikulum sastra Inggris untuk program International Baccalaureate.

Tan menghabiskan sekitar dua jam seminggu untuk mempersiapkan pelajarannya. Dia menghabiskan lima sampai enam jam seminggu dalam sesi bimbingan kelompok back-to-back, sebagian besar pada Jumat malam karena perbedaan waktu 13 jam antara Chicago dan Shanghai. Dia mengenakan biaya USD67 per jam.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1511 seconds (0.1#10.140)