alexametrics

Sebentar Lagi, Ekonomi Beranda Terdepan Papua Akan Kian Bergeliat

loading...
Sebentar Lagi, Ekonomi Beranda Terdepan Papua Akan Kian Bergeliat
Zona Sub Inti PLBN Terpadu Skouw Dukung Ekonomi Perbatasan RI-Papua Nugini
A+ A-
JAKARTA - Sebentara lagi perekonomian di Distrik Muara Tami, Kota Jayapura, akan semakin bergeliat. Pasalnya, pembangunansarana dan prasarana penunjang Pos Lintas Batas Negara (PLBN) Terpadu Skouwsudah hampir rampung, tepatnya 91,99%.

Menteri PUPR Basuki Hadimuljono mengatakan, pembangunan proyek yang menelan anggaran senilai Rp129,1 milliar ini merupakan bentuk dukungan pemerintah pada kegiatan sosial ekonomi pada kawasan PLBN Skouw sebagai beranda terdepan Indonesia.

"Pembangunan PLBN tidak hanya sebagai gerbang masuk, namun juga menjadi embrio pusat pertumbuhan ekonomi wilayah yang dapat meningkatkan kesejahteraan masyarakat perbatasan," kata Menteri Basuki, dalam keterangannya, Kamis (25/6/2020). (Baca:Zona Sub Inti PLBN Terpadu Skouw Dukung Ekonomi Perbatasan RI-Papua Nugini)

Kian bergeliatnya perekonomian di daerah perbatasan dengan Papua Nugini itu lantaran lingkup pekerjaan pengembangan sarana dan prasarana penunjang PLBN Terpadu Skouw juga meliputi fasilitas perekonomian masyarakat, seperti pasar dan gedung perkantoran. Pembangunan pasar di PLBN Terpadu Skouw memiliki luas 7.269 m2 yang terdiri dari 2 lantai. Pasar ini memiliki total 152 kios, di lantai dasar terdapat 40 kios dan lantai satu 112 kios.



Sementara, untuk kantor pengelola juga dibangun setinggi dua lantai. Lantai dasar seluas 347,11 m2 terdiri dari ruang rapat, ruang server, ruang loker, dan gudang. Sementara lantai atas seluas 104,62 m2 diperuntukan sebagai ruang staf umum, ruang kepala pasar, ruang panel, dan ruang administrasi.

Sebelumnya Kementerian PUPR melalui Ditjen Cipta Karya telah menyelesaikan pembangunan tahap 1 PLBN Terpadu Skouw yang difokuskan pada Zona Inti seluas 10,7 Ha dengan luas total bangunan 4.761 m2. Pembangunannya meliputi bangunan utama PLBN, bangunan pemeriksaan kargo terpadu, utilitas, keberangkatan dan kedatangan (check point), klinik, car wash, gudang sita, jembatan timbang, dll.



Untuk memudahkan akses menuju PLBN, pemerintah menyelesaikan pembangunan Jembatan Youtefa atau dikenal dengan Jembatan Holtekamp yang akan mempercepat waktu tempuh dari Kota Jayapura ke perbatasan. Kini Jayapura-Skouw dapat ditempuh dengan waktu sekitar 60 menit saja. Jarak PLBN Terpadu Skouw dari Bandara Sentani, Jayapura sekitar 82 Km melalui jalur darat.
(uka)
Ikuti Kuis Berhadiah Puluhan Juta Rupiah di SINDOnews
preload video
TULIS KOMENTAR ANDA!
Aktifkan notifikasi browser anda untuk mendapatkan update berita terkini SINDOnews.
Aktifkan
Tidak
Top