India setujui rancangan kesepakatan WTO

Jum'at, 06 Desember 2013 - 20:42 WIB
India setujui rancangan kesepakatan WTO
India setujui rancangan kesepakatan WTO
A A A
Sindonews.com - Menteri Perdagangan India, Anand Sharma menyatakan, akan mendukung draft reformasi perdagangan Organisasi Perdagangan Dunia (WTO), menghapus hambatan utama dalam kesepakatan.

"Ini adalah kemenangan bagi WTO dan bagi komunitas global untuk tiba di sebuah penetapan matang. Kami lebih dari senang. Ini adalah hari besar. Ini adalah hari bersejarah," kata Sharma, seperti dilansir dari Reuters, Jumat (6/12/2013).

Sebelumnya, India menolak proposal Konferensi Tingkat Menteri (KTM) Organisasi Perdagangan Dunia ke-9 di Nusa Dua, Bali, dalam upaya menjaga ketahanan pangan dari liberalisasi perdagangan.

Saat itu, Sharma mengatakan, proposal tersebut bisa membahayakan upaya mensubsidi makanan di negara berkembang, yang "tidak dapat diterima" negara maju.

"Pertanian menopang jutaan petani. Kepentingan mereka harus dijamin. Ketahanan pangan sangat penting untuk 4 miliar orang di dunia. Ya, kami telah menolaknya," ujarnya.

Di sisi lain, Kepala WTO, Roberto Azevedo telah meminta para delegasi untuk mencapai kesepakatan sederhana di Bali, yang diharapkan akan membuka hambatan perjalanan selama 12 tahun, dalam memangkas hambatan perdagangan.
(dmd)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.3727 seconds (0.1#10.140)