PIDI 4.0 Hadirkan Digital Forum Menuju Transformasi Industri 4.0

Jum'at, 01 Juli 2022 - 21:35 WIB
loading...
PIDI 4.0 Hadirkan Digital Forum Menuju Transformasi Industri 4.0
Menperin Agus Gumiwang Kartasasmita yakin kegiatan ini akan berhasil mewujudkan Program Nasional ‘Menjadi Indonesia 4.0’, serta menempatkan Indonesia menjadi 10 besar ekonomi global pada tahun 2030. Foto/Dok
A A A
JAKARTA - Setelah peresmian Pusat Industri Digital Indonesia 4.0 (PIDI 4.0) oleh Menko Bidang Perekonomian dan Menteri Perindustrian pada tanggal 2 Desember 2021, PIDI 4.0 telah menyelenggarakan perhelatan yang melibatkan pemangku kepentingan nasional maupun internasional.



PIDI 4.0 bersama Industrial Transformation ASIA-PACIFIC (ITAP) menyelenggarakan acara Kick-off Digital Accelerating Future Industrial Transformation 4.0 in Indonesia, yang di dalamnya terdapat serangkaian acara, salah satunya Digital Forum.

“Solusi digital merupakan hal yang sangat esensial saat ini. Transformasi digital industri melangkah menuju model bisnis baru yang ditopang oleh tiga pilar: automation, pengembangan factory processes, dan produksi,” papar Menteri Perindustrian (Menperin) Agus Gumiwang Kartasasmita dalam pembukaan acara yang digelar secara daring pada 30 Juni 2022.

Menperin Agus merasa yakin kegiatan ini akan berhasil mewujudkan Program Nasional ‘Menjadi Indonesia 4.0’,serta menempatkan Indonesia menjadi 10 besar ekonomi global pada tahun 2030.

“Saya ingin menyampaikan bahwa sektor manufaktur di Indonesia selalu berkembang seiring dengan transformasi digital. Saya mengajak seluruh pemangku kepentingan untuk bergabung dan berkontribusi aktif dalam mengakselerasi transformasi Industri 4.0 di Indonesia melalui PIDI 4.0,” ujar Agus dalam pidatonya.

Sementara Kepala Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia Industri, Kementerian Perindustrian RI, Arus Gunawan mengaku, sangat bangga dan optimis kegiatan ini akan dapat menyelenggarakan atau mengakselerasi transformasi industri 4.0 baik di Indonesia maupun di Singapura.

Pihaknya juga membuka peluang kerja sama dengan pihak manapun yang bisa memberikan manfaat khususnya dalam bidang pengembangan SDM industri dan transformasi industri 4.0.

“Kami sangat terbuka dengan peluang kerjasama yang bisa memberikan manfaat bagi kita semua khususnya dalam bidang pengembangan SDM industri dan transformasi industri 4.0,” ujar Arus Gunawan.

Digital Forum merupakan ajang diskusi dan pertukaran informasi yang menghadirkan berbagai pakar industri dengan berbagai tema terkait industri 4.0. Dalam diskusi tersebut terdapat pembahasan mengenai ‘Bagaimana Konektivitas Mengubah Implementasi Teknologi Pabrik Cerdas’ dengan pembicara Presiden Direktur PT. Azbil Berca Indonesia, Kiyoshi Kurata.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1853 seconds (0.1#10.140)