Deretan Koin Kuno di Dunia dengan Harga Fantastis

Selasa, 05 Juli 2022 - 14:54 WIB
loading...
Deretan Koin Kuno di Dunia dengan Harga Fantastis
Sejumlah uang koin kuno menjadi buruna para kolektor dengan harga yang fantastis. Foto/Ilustrasi/Reuters
A A A
JAKARTA - Uang kuno berbetuk koin menjadi salah satu barang yang paling sering diburu kolektor barang antik. Kolektor barang antik mengoleksi koin kuno karena bentuknya yang beragam dan sejarahnya yang berharga.

Kolektor koin juga berasal dari beragam kalangan. Namun, karena barang antik memiliki harga yang cukup tinggi, kolektor koin atau barang antik kebanyakan memang dari kalangan menengah ke atas, mulai dari pengusaha, politikus hingga artis. Untuk diketahui, artis dunia yang mengoleksi koin antik di antaranya Nicole Kidman, Buddy Ebsen, Penny Marshall dan James Earl Jones.

Baca Juga: 7 Uang Kertas Kuno Indonesia dan Dunia, Nomor 6 Harganya Capai Rp49 Miliar!

Bila ditilik, harga koin kuno di dunia memang beragam. Harga koin kuno bisa beragam, tergantung bahan yang digunakan hingga lama koin itu dibuat. Beberapa alasan mengapa koin kuno dunia bisa berharga karena koin kuno merupakan perwujudan nyata bahwa dulu uang, seni, dan bahasa tertulis pernah berkembang.

Secara tidak langsung, koin kuno merupakan artefak yang memiliki harga tinggi. Beberapa koin kuno masih dapat dibeli dengan harga terjangkau, mulai dari ratusan ribu hingga jutaan rupiah.

Namun, untuk beberapa koin kuno, harganya bisa sangat fantastis. Lantas, koin kuno apa saja yang terbilang paling mahal di dunia? Berikut deretan koin kuno yang harganya selangit:

1. Flowing Hair Silver atau Copper Dollar

Deretan Koin Kuno di Dunia dengan Harga Fantastis


Koin yang dibuat dari bahan dasar perak ini berhasil ini dijual dengan harga fantastis hingga ditetapkan sebagai rekor dunia baru untuk penjualan koin tunggal paling mahal yang pernah ada. Koin Flowing Hair Silver atau Copper Dollar dijual pada tahun 2013 dengan harga USD10 juta atau sekitar Rp145 miliar (kurs Rp14.500/USD).

Flowing Hair Silver atau Copper Dollar ini diproduksi oleh Pemerintah Federal AS pada tahun 1794. Pada dua tahun sebelumnya, Pemerintah Federal AS hanya mencetak koin dengan bahan dasar tembaga. Kemudian barulah pada tahun 1794, Pemerintah Federal AS mulai mencetak koin dengan bahan dasar perak. Hal ini sejalan dengan pernyataan sejumlah peneliti ahli numismatik yang percaya bahwa koin ini merupakan koin perak pertama yang dicetak dan dikeluarkan oleh Pemerintah Federal AS.
Halaman :
Komentar
Copyright © 2022 SINDOnews.com
read/ rendering in 0.1824 seconds (11.210#12.26)