Deretan Prangko Langka, Harganya Bikin Sesak Napas

Selasa, 05 Juli 2022 - 16:04 WIB
loading...
Deretan Prangko Langka, Harganya Bikin Sesak Napas
Prangko-prangko super langka menjadi buruan kolektor sehingga harganya melonjak tinggi. Foto/Ilustrasi
A A A
JAKARTA - Prangko umumnya dikenal sebagai potongan kertas bergambar yang mencantumkan nominal harga yang menempel di amplop surat. Dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), prangko memiliki arti sebagai tanda pembayaran biaya pos, yang biasanya berupa kertas persegi bergambar.

Namun, di zaman yang serba digital sekarang ini, pengiriman pesan melalui surat sudah sangat jarang dijumpai. Kini, semua orang lebih leluasa mengirimkan pesan lewat chat personal melalui beragam media, seperti surat elektronik (e-mail) atau media sosial. Mengirim pesan melalui platform digital dinilai lebih cepat, mudah dan murah sampai ke penerima dibandingkan surat konvensional yang memakan waktu berhari-hari.



Setelah surat-menyurat jarang digunakan, prangko pun lama-lama hilang dari peredaran. Namun, prangko tidak benar-benar hilang, melainkan berubah menjadi barang koleksi. Orang mengoleksi prangko sebagai hobi, namun ada juga yang melakukannya sebagai sebauh investasi. Pasalnya, prangko langka atau antik bisa berharga sangat tinggi.

Di Indonesia sendiri, prangko termahal berada di kisaran harga Rp5 miliar, yakni prangko Netherlands Indies 10 cent Queen Wihelmina berwarna merah. Peangko ini dicetak tindih Angkatan Darat Pendudukan Jepang dan Republik Indonesia (hitam) yang digunakan di wilayah Sumatera pada 1946. Ada pula prangko buruan kolektor, seperti prangko bergambar Soekarno yang dicetak pada tahun 1996 dan perangko bergambar Soeharto yang terbit tahun 1993.

Namun, di dunia internasional, masih ada sejumlah perangko yang harganya juah lebih mahal dari harga-harga prangko koleksi lokal tersebut. Prangko-prangko ini dihargai tinggi karena selain langka, juga memiliki sejarah unik. Berikut ini sederet prangko superlangka berharga fantastis:

1. The British Guiana 1c Magenta

Deretan Prangko Langka, Harganya Bikin Sesak Napas


Prangko The British Guiana 1c Magenta mungkin menjadi salah satu kandidat prangko paling diburu kolektor. Tak heran jika prangko ini merupakan prangko yang paling jarang sekaligus menjadi yang paling mahal di dunia. Prangko ini dihargai lebih dari USD10 juta atau setara dengan Rp145 miliar (kurs Rp14.500/USD).

Prangko ini dicetak secara terbatas pada tahun 1856. Para kolektor meyakini bahwa prangko The British Guiana 1C Magenta hanya tersisa satu buah di dunia sampai sekarang dan dicetak dengan tulisan latin. Selain itu, prangko ini juga satu-satunya prangko Inggris yang bukan dari koleksi Royal Postage.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2416 seconds (0.1#10.140)