Deretan Koin Kuno di Indonesia, Harganya Bikin Geleng-geleng Kepala

Rabu, 06 Juli 2022 - 18:51 WIB
loading...
Deretan Koin Kuno di Indonesia, Harganya Bikin Geleng-geleng Kepala
Salah satu uang koin yang harganya bisa mencapai ratusan juta. Foto/Dok
A A A
JAKARTA - Salah satu barang antik yang sering dikoleksi adalah koin kuno. Koin-koin ini sudah tidak dapat digunakan untuk transaksi jual beli. Namun untuk sebagian orang, koin uang kuno memiliki daya tarik tersendiri.

Baca juga: Deretan Koin Kuno di Dunia dengan Harga Fantastis

Walaupun kolektor uang kuno tidak begitu populer dibandingkan kolektor prangko, mereka tetap bersedia membeli koin kuno dengan harga mencapai ratusan juta. Dilansir dari laman DJKN Kementerian Keuangan (Kemenkeu), orang mengoleksi uang kuno, baik dalam bentuk koin maupun kertas disebut dengan numismatis.

Para numismatis memiliki tujuan dalam mengoleksi uang kuno untuk mempelajari sejarah politik, cara pembuatannya, ciri-ciri pemalsuan, sampai investasi. Mereka menjadikan koleksi uang kuno, baik koin maupun kertas sebagai hobi yang menyenangkan karena kagum akan desainnya, nostalgia masa lalu, hingga cerita di balik uang tersebut.

Uang kertas dan koin kuno memiliki harga yang dipengaruhi oleh dua hal, yakni tingkat kelangkaan dan kondisi uang. Semakin langka uang tersebut, maka harga yang ditawarkan juga akan semakin mahal. Begitu pula bila kondisi fisik uang tersebut semakin bagus, maka semakin mahal juga harganya.

Bagi para numismatis, kegagalan cetak pada uang juga merupakan hal yang menarik untuk dikoleksi. Uang kertas dan koin sering kali mengalami masalah saat pencetakan, sehingga ada yang tidak bisa diedarkan dan menjadi langka. Selain itu, numismatis juga mengoleksi uang kuno berdasarkan nomor serinya. Uang kuno ini dapat dijual secara online maupun offline. Dari dalam negeri hingga luar negeri.

Di Indonesia sendiri, uang kuno atau uang logam berbentuk koin masih banyak dicari oleh para kolektor. Koin kuno memiliki daya tarik tersendiri, hingga menjadi perbincangan hangat di marketplace. Selain itu, koin kuno yang langka dan dicari banyak kolektor juga ditawarkan dengan harga yang fantastis. Bahkan ada yang dijual dengan harga ratusan juta hingga miliaran rupiah. Berikut ini uang logam kuno termahal Indonesia dan banyak dicari oleh kolektor.

Koin Kuno Rp200

Koin kuno pecahan Rp200 keluaran tahun 1945 - 1970 menjadi koin kuno yang paling banyak dicari oleh para kolektor. Koin ini memiliki desain dengan gambar burung cendrawasih dan garuda sebagai ciri khas Indonesia. Koin ini dijual di pasaran dengan harga Rp400 hingga Rp500 ribu per keping.


Koin Kuno Rp1.000
Koin kuno Rp1.000 yang bergambar kelapa sawit menjadi koin kuno yang banyak dicari oleh para kolektor uang. Koin kuno ini tidak hanya membuat situs jual beli online menjadi ramai, tapi juga di media sosial dan ditawarkan dengan harga yang fantastis. Harga koin kuno pecahan Rp1.000 kelapa sawit ini ditawarkan dengan harga mulai dari Rp5 juta hingga Rp100 juta per kepingnya.
Halaman :
Komentar
Copyright © 2022 SINDOnews.com
read/ rendering in 0.2149 seconds (10.101#12.26)