Pasokan Melimpah, Harga Cabai Turun ke Rp80.000 per Kg

Kamis, 07 Juli 2022 - 10:59 WIB
loading...
Pasokan Melimpah, Harga Cabai Turun ke Rp80.000 per Kg
Para pedagang di sejumlah pasar mulai hari ini serentak menjual cabai dengan harga rata-rata Rp80.000/kg. Foto/Antara
A A A
JAKARTA - Para pedagang di sejumlah pasar mulai hari ini serentak menjual cabai dengan harga rata-rata Rp80.000 per kilogram (kg). Harga tersebut turun cukup jauh jika dibanding harga cabai sebelumnya yang mencapai Rp130.000/kg.

Turunnya harga cabai diakui pedagang lantaran tingkat produksi dan pasokan dari sejumlah daerah sentra cabai cukup melimpah.

"Alhamdulillah produksi dan pasokan di sentra melimpah dan mulai hari ini harga cabai turun di kisaran Rp70.000-80.000 (per kg)," kata Udin, salah serorang pedagang di Pasar Induk Kramat Jati, Jakarta Timur, Kamis (7/7/2022).

Menurut Udin, harga cabai kemungkinan masih akan turun lagi sampai pada tingkat harga normal seperti biasa. Penurunan harga juga diperkirakan terjadi pada komoditas lain seperti bawang dan beragam bumbu dapur lainnya.



Udin mengatakan sejauh ini pemerintah terus melakukan pengawalan distribusi melalui pasokan pangan ke sejumlah lokasi.

"Alhamdulillah kita dibantu pemerintah, khususnya dari Kementan (Kementerian Pertanian) yang setiap hari mengawal pasokan cabai dan pangan lainya," tuturnya.

Masminah, 46 Tahun, salah seorang pembeli cabai mengaku senang karena harga-harga berangsur normal. Dia berharap pemerintah mampu menjaga kondisi ini karena dalam waktu dekat dia dan keluarganya akan merayakan Iduladha di rumahnya, kawasan Pasar Rebo, Jakarta Timur.

"Saya senang dan menyampaikan terimakasih kepada pemerintah yang menyediakan cabai dengan cukup baik sehingga harga-harga mulai turun," ucapnya.

Sebelumnya, Kementan memastikan pasokan cabai dan kebutuhan pangan lain untuk masyarakat wilayah Jabodetabek dalam kondisi aman dan terkendali.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2833 seconds (0.1#10.140)