Gelar TIIWG di Solo, Bahlil Senang Delegasi G20 Tak Ada yang Walk Out

Kamis, 07 Juli 2022 - 22:05 WIB
loading...
Gelar TIIWG di Solo, Bahlil Senang Delegasi G20 Tak Ada yang Walk Out
Menteri Investasi Bahlil Lahadalia saat membuka kirab budaya di Solo, Jawa Tengah. FOTO/MPI/Iqbal Dwi Purnama
A A A
SOLO - Menteri Investasi/Kepala Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM) Bahlil Lahadalia menyebut selama dalam dua hari pelaksanaan forum Trade Investment Industry Working Group (TIIWG) tahap kedua banyak membahas isu global.

Menurut Bahlil dari pembahasan isu global tersebut tidak jarang mengundang perdebatan antar anggota delegasi G20 yang hadir secara fisik maupun virtual pada TIIWG tahap kedua ini.

"Sekalipun dalam pembahasan dialog dari sesi terjadi perdebatan yang panjang, namun karena acaranya di Solo semuanya di selesaikan dengan hati yang dingin, karena itu tidak ada yang walk out," ujar Bahlil saat membuka kirab budaya di Solo, Kamis (7/7/2022).



Bahkan dalam pembuatan persidangan forum TIIWG, Bahlil menegaskan kepada para undangan delegasi bahwa saat ini porsi investasi yang diberikan untuk negara maju dan negara berkembang tidak seimbang. Bahkan cenderung tidak adil.

Di samping itu Bahlil juga memberikan contoh masalah penerapan harga dari adanya carbon trading. Mislanya pada Negera maju harga penyerapan carbon per 1 ton dihargai USD100 sedangkan di negara berkembang baru USD10.

Pada kesempatan yang sama, Bahlil juga mengungkap terimakasih kepada pemerintah kota Solo yang telah mendukung rangkaian kegiatan TIIWG tahap kedua dan juga memfasilitasi untuk pagelaran kirab budaya, sebagai rangkaian acara penutup.



"Kami atas nama pemerintah pusat, menyampaikan penghargaan yang setinggi-tingginya dan ucapan terima kasih kepada pemerintah kota dan seluruh masyarakat yang ada di Solo," pungkas Bahlil.

(nng)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1856 seconds (0.1#10.140)