Zurich Bersiap Konversi Menjadi Asuransi Umum Syariah

Jum'at, 26 Juni 2020 - 12:12 WIB
loading...
Zurich Bersiap Konversi Menjadi Asuransi Umum Syariah
Zurich Insurance Group akan mengonversi salah satu entitas usahanya, ZII, menjadi perusahaan asuransi umum Syariah. Foto/Ilustrasi
A A A
JAKARTA - Menyusul kesuksesan akuisisi 80% saham PT Asuransi Adira Dinamika Tbk (Adira Insurance) oleh Zurich Insurance Group (Zurich) November 2019 lalu, Zurich berencana untuk mengonversi salah satu entitas usahanya, PT Zurich Insurance Indonesia (ZII) menjadi perusahaan asuransi umum Syariah setelah ada persetujuan dari Otoritas Jasa Keuangan (OJK).

Akuisisi Adira Insurance ini menunjukkan komitmen jangka panjang Zurich untuk memperkuat skala bisnis dan keberadaannya di Indonesia. Sejalan dengan komitmen ini, konversi menjadi perusahaan asuransi umum Syariah akan memberikan peluang bagi Zurich untuk memberikan serangkaian produk dan solusi yang dapat memenuhi perkembangan kebutuhan konsumen di Indonesia akan produk proteksi yang menyeluruh.

"Indonesia adalah pasar yang penting bagi Zurich. Kami memiliki ambisi untuk mengembangkan dan memperkuat unit bisnis asuransi Syariah, umum, dan jiwa kami di Indonesia. Kami juga sangat antusias dapat mendukung pemerintah dalam mengembangkan industri keuangan Syariah di Indonesia melalu rencana konversi ini," ujar CEO ZII Hilman Simanjuntak dalam keterangan pers, Jumat (26/6/2020).

(Baca Juga: Asuransi Syariah, Proteksi Halal dan Bernilai Ibadah)

Sebagai perusahaan asuransi multinasional teratas, lanjut dia, Zurich terus berusaha untuk berinovasi dan berinteraksi dengan nasabah untuk memberikan layanan terbaik. Guna mengikuti perkembangan perilaku konsumen, kata dia, ZII akan mengembangkan produk dan solusi yang bisa diakses baik secara digital maupun jalur distribusi konvensional.

Perusahaan asuransi umum Syariah dari Zurich ini diharapkan dapat beroperasi di tahun 2021 dengan nama perusahaan PT Zurich General Takaful Indonesia (ZGTI). Setelah konversi ini dilakukan, nasabah ZII bisa memilih untuk memperbarui kontrak polis mereka untuk produk asuransi umum konvensional dengan Adira Insurance atau mengganti kontrak polis mereka menjadi polis asuransi umum Syariah dengan ZGTI.

Zurich Indonesia saat ini memasarkan solusi asuransi jiwa melalui PT Zurich Topas Life (ZTL) dan asuransi umum melalui Adira Insurance.
(fai)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1026 seconds (0.1#10.140)