Indomaret dan Alfamart Buka Suara Soal Belum Jual Minyakita

Senin, 11 Juli 2022 - 17:19 WIB
loading...
Indomaret dan Alfamart Buka Suara Soal Belum Jual Minyakita
Karena beberapa faktor, Ritel modern belum menjual Minyakita. Foto/AdveniaElisabeth/MPI
A A A
JAKARTA - Marketing Communication Executive Director PT Indomarco Prismatama Feki Oktavianus buka suara soal penjualan Minyakita di ritel Indomaret sebagaimana yang digaungkan pemerintah. Feki mengatakan, Indomaret hingga saat ini belum menjual Minyakita Rp14.000 per liter.



"Kalau yang dimaksud minyak goreng curah dalam kemasan sederhana, yakni merek Minyakita, Indomaret belum menjualnya," kata Feki saat dihubungi MNC Portal Indonesia, Senin (11/7/2022).

Meski begitu, Feki menuturkan pihaknya telah berkoordinasi dengan penyuplai mengenai persiapan masuknya Minyakita ke ritel Indomaret. "Saat ini masih dalam tahap dibicarakan dengan supplier karena mereka pun baru tahap persiapan produksi," jelasnya.

Suara senada juga diutarakan oleh General Manager Corporate Communication Alfamart Nurahman. Dia mengutarakan bahwa pihaknya belum membicarakan soal masuknya Minyakita ke ritel Alfamart. Sebab kata dia, dalam peraturan ritel, minyak goreng curah tidak bisa diperdagangkan sehingga hanya bisa dijual di pasar tradisional.

"Minyakita yang diluncurkan pemerintah itu kan minyak goreng curah, nah kalau minyak curah itu enggak berlaku di ritel untuk peraturan saat ini. Sekalipun di kemas," jelasnya.

Namun, Nurahman menuturkan, jika peraturan menteri perdagangan (permendag) soal perizinan penjualan minyak goreng curah di ritel sudah diubah, maka pihaknya akan berkoordinasi lebih lanjut. "Pokoknya kalau itu minyak curah, permendagnya masih mengunci bahwa ritel modern tidak boleh menjual. Kecuali permendagnya direvisi," tukasnya.

Sebelumnya, Menteri Perdagangan Zulkifli Hasan telah meluncurkan Minyakita sebagai terobosan permasalahan minyak goreng. Dia bilang minyak goreng yang dikemas dengan merek Minyakita ini akan jauh lebih mudah dijangkau oleh konsumen.

Menurutnya, Minyakita bisa masuk ke gerai-gerak ritel karena kemasannya yang tidak mudah pecah dan dikemas dengan tampilan yang menarik.



"Kalau minyak curah kan cuma ada di pasar-pasar atau di warung-warung. Tapi kalau Minyakita nanti bisa masuk ke ritel-ritel karena sudah rapi pengemasannya. Jadi lebih mudah dijangkau masyarakat," terangnya.

(uka)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 1.4083 seconds (0.1#10.140)