Tips MotionTrade: 4 Cara Investasi Sejak Dini

Rabu, 13 Juli 2022 - 12:40 WIB
loading...
Tips MotionTrade: 4 Cara Investasi Sejak Dini
Banyak anak muda Gen Z dengan gaya hidup yang mengedepankan hiburan atau kesenangan, sehingga cenderung konsumtif dan boros. Berikut 4 tips dari MotionTrade agar Anda dapat memulai investasi sejak dini. Foto/Dok
A A A
JAKARTA - MNC Sekuritas merupakan unit bisnis dari PT MNC Kapital Indonesia Tbk (BCAP) dan perusahaan sekuritas terbaik yang memiliki reputasi serta mendapat beragam penghargaan. Sejalan dengan visi misi untuk memasyarakatkan pasar modal ke berbagai kalangan, MNC Sekuritas mendukung pertumbuhan investor di Tanah Air dengan kemudahan investasi saham dan reksa dana melalui aplikasi MotionTrade.



Saat ini, Gen Z sangat mendominasi populasi di Indonesia dan mulai masuk dalam usia produktif. Banyak anak muda Gen Z dengan gaya hidup yang mengedepankan hiburan atau kesenangan, sehingga cenderung konsumtif dan boros.

Apalagi, gaya hidup FOMO (Fear of Missing Out) dan YOLO (You Only Live Once) merebak di kalangan ini. Padahal keterampilan mengatur keuangan dan berinvestasi sejak dini diperlukan semua orang, termasuk Gen Z agar tidak kesulitan di kemudian hari.

Berikut 4 tips dari MotionTrade agar Anda dapat memulai investasi sejak dini:

1. Atur Prioritas Keuangan

Pertama-tama, Anda perlu menentukan tujuan keuangan yang ingin Anda raih. Tentukan tujuan keuangan jangka panjang atau pendek, besaran dana, dan tenggat waktu untuk mencapai tujuan tersebut.

Anda perlu membuat rencana keuangan sesuai skala prioritas dengan menerapkan rumus 40-30-20-10. Dari penghasilan Anda, alokasikan 40% untuk kebutuhan sehari-hari, 30% untuk utang (jika ada), 20% untuk investasi dan tabungan, dan 10% untuk keperluan sosial.

Dalam rencana keuangan jangka panjang, Anda juga perlu memiliki tabungan, investasi, asuransi kesehatan, dan jaminan pensiun untuk mengantisipasi harga barang atau kebutuhan yang semakin meningkat di masa mendatang.

2. Hindari Utang
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1196 seconds (0.1#10.140)