alexametrics

Jateng pastikan surplus beras tahun ini

loading...
Jateng pastikan surplus beras tahun ini
ilustrasi/ist
A+ A-
Sindonews.com - Jawa Tengah diyakini tidak akan kekurangan beras pada 2014. Pencapaian beras tahun ini diprediksi mencapai 780.000 ton atau naik 69.449 ton dari pencapaian 2013 yang tercatat 710.551 ton.

Kepala Bulog Divre Jateng Witono mengatakan, Perum Bulog Divre Jawa Tengah optimis stok beras di wilayah Jateng surplus untuk pemenuhan kebutuhan hingga sembilan bulan ke depan.

"Itu artinya, hingga September 2014, tidak akan ada kekurangan beras untuk memenuhi kebutuhan konsumsi masyarakat di Jateng, khususnya untuk pasokan raskin," katanya, Jumat (10/1/2014).



Dia menjelaskan, stok beras di Jateng saat ini masih sangat melimpah dan tidak akan mengalami kekurangan, sampai sembilan bulan ke depan. Hal ini dikarenakan selain capaian yang diprediksi bakal meningkat juga dikarenakan realisasi serapan beras 2013 masih menyisakan 346.452 ton.

Jumlah tersebut tersebar di seluruh sub divre wilayah Jateng. "Hanya dengan sisa tahun lalu saja, kebutuhan beras sudah bisa terpenuhi sampai September," imbuhnya.

Witono mengaku, dengan stok beras Jateng yang sangat melimpah, Jateng siap untuk mendistribusikan beras ke wilayah lain. Pada penyaluran 2013, Bulog Jateng juga mendistribusikan ke wilayah lain seperti ke Sumatera Utara dan Barat, Jawa Barat juga Kalimantan Barat. "Untuk pengiriman ke wilayah di luar Jateng kita masih menunggu rujukan dari pusat," katanya.
(gpr)
preload video
KOMENTAR (pilih salah satu di bawah ini)
  • Facebook
  • Disqus
loading gif
Top
Aktifkan notifikasi browser anda untuk mendapatkan update berita terkini SINDOnews.
Aktifkan
Tidak