IMF Sebut Proyeksi Ekonomi di Tahun 2023 Bakal Makin Suram

Jum'at, 15 Juli 2022 - 10:06 WIB
loading...
IMF Sebut Proyeksi Ekonomi di Tahun 2023 Bakal Makin Suram
Dana Moneter Internasional atau IMF telah memperingatkan, bakal memangkas perkiraan pertumbuhan ekonomi global lagi ketika negara-negara bergulat dengan perang Rusia Ukraina. Foto/Dok
A A A
WASHINGTON - Dana Moneter Internasional atau IMF telah memperingatkan, bakal memangkas perkiraan pertumbuhan ekonomi global lagi ketika negara-negara bergulat dengan perang Rusia Ukraina . Ditambah lockdown di China akibat kebijakan zero Covid-19 dan lonjakan inflasi.



Kepala IMF, Kristalina Georgieva mengatakan, proyeksi untuk tahun ini dan berikutnya akan kembali dipangkas pada akhir bulan Juli saat merilis Pembaruan Outlook Ekonomi Dunia.

"Prospeknya tetap sangat tidak pasti. Ini akan menjadi tahun 2022 yang sulit dan mungkin tahun 2023 jauh lebih sulit, dengan peningkatan risiko resesi," ujar Kristalina Georgieva dalam sebuah postingan seperti dilansir Telegraph.

Pemulihan global dari Pandemi telah dihadang oleh lonjakan harga komoditas imbang perang Ukraina dan perlambatan China di tengah pembatasan Covid-19 yang berkelanjutan.



Inflasi yang sangat tinggi juga memaksa pembuat kebijakan untuk menaikkan suku bunga, langkah yang ditujukan untuk mendinginkan kenaikan harga. Akan tetapi hal itu berisiko membuat ekonomi terjebak dalam resesi.

(akr)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.3296 seconds (0.1#10.140)