Mau Sukses Jualan Online? Terapkan Strategi Tepat dan Pegang Teguh Etika

Selasa, 19 Juli 2022 - 22:22 WIB
loading...
Mau Sukses Jualan Online? Terapkan Strategi Tepat dan Pegang Teguh Etika
Agar sukses jualan online, dibutuhkan strategi tepat dan tetap beretika. Ilustrasi Foto/pexels/nataliya vaitkevich
A A A
JAKARTA - Berbisnis di media digital kian marak seiring pesatnya perkembangan teknologi dan tingginya penetrasi internet. Dengan persaingan yang ketat, dibutuhkan kecakapan digital demi meraih pelanggan yang loyal. Selain itu, pemilihan platform lokapasar hendaknya disesuaikan dengan jenis produk barang yang dijual.

Dalam webinar bertajuk “Tips dan Trik Jualan Online”, Rabu (13/7), Chief Marketing Officer PT Cipta Manusia Indonesia Annisa Choiriya Muftada menyampaikan kiat-kiat bagi masyarakat yang ingin terjun ke dunia bisnis daring atau online.

Sebagai langkah awal adalah menemukan ceruk pasar atau niche market dari bisnis yang akan dijalankan serta ciri khas atau pembeda dengan produk atau merek lain.

“Pilih platform untuk jualan daring yang sesuai dengan target konsumen dan lakukan pemasaran agar produk dikenal konsumen,” ujarnya, dikutip Selasa (19/7/2022).

Baca juga: Belanja Daring Ngetren, Gunakan Dompet Digital dengan Bijak dan Aman

Tips lainnya adalah mempermudah calon konsumen untuk menemukan dan menyukai brand kita. Mulai dari nama brand atau produk dan nama akun media sosialnya juga yang mudah diingat.

“Jangan lupa berikan berbagai kemudahan lain seperti gratis ongkir, pelayanan prima, dan responsif dalam membalas chat konsumen,” saran dia.

Pada kesempatan yang sama, Sekretaris RTIK Kabupaten Sukabumi Fiqri Hasan Fiqri Hasan menekankan bahwa dalam bertransaksi di e-market, terdapat etika yang harus dipahami dan dijalankan baik oleh penjual maupun pembeli.

Bagi penjual, hendaknya selalu bersikap ramah ke pembeli, membalas semua pertanyaan yang diajukan pembeli dan selalu menyapa dengan panggilan yang sopan, dan tidak menyalahgunakan data pembeli.

Selain itu, Fiqri mengingatkan, harus jujur dalam menuliskan deskripsi barang karena kejujuran merupakan hal penting dalam memulai usaha apa pun.
Halaman :
Komentar
Copyright © 2022 SINDOnews.com
read/ rendering in 0.1507 seconds (11.97#12.26)