Belanja Daring Ngetren, Gunakan Dompet Digital dengan Bijak dan Aman

Selasa, 19 Juli 2022 - 21:01 WIB
loading...
Belanja Daring Ngetren, Gunakan Dompet Digital dengan Bijak dan Aman
Penggunaan dompet digital yang praktis dan mudah kian diminati. Ilustrasi Foto/pexels/kampus production
A A A
JAKARTA - Belanja daring atau online kian diminati dan terus bertumbuh seiring maraknya bisnis e-commerce dan lokapasar. Ditambah lagi pandemi yang mengakselerasi adopsi digital masyarakat Indonesia.

Pengguna internet di Indonesia diketahui terus meningkat setiap tahunnya. We Are Social mencatat pada 2021 pengguna internet di Indonesia mencapai 202,6 juta pengguna, di mana 170 juta penggunanya menggunakan media sosial.

Bisa dibilang bahwa pengguna internet di Indonesia mencapai 61,8% dari total populasi. Temuan lainnya, orang Indonesia menggunakan internet rata-rata hampir 9 jam per hari.

Dengan tingginya penetrasi internet dan aktivitas di ruang digital, gaya hidup masyarakat zaman sekarang juga berubah. Salah satunya penggunaan dompet digital yang praktis dan mudah. Hal ini juga sejalan dengan upaya mendorong transaksi nontunai.

Dalam webinar bertajuk “Bagaimana Berbelanja Online dengan Dompet Digital” pada Kamis (14/7), praktisi bisnis M Adhi Prasnowo mengatakan, ada tiga istilah yang perlu dipahami di era digital saat ini, yaitu dompet digital, lokapasar, dan transaksi.

Baca juga: Meski Belum Mendaftar, Google Mengaku Akan Ikuti Regulasi Pendaftaran PSE Kominfo

Dia menerangkan, dompet digital adalah aplikasi elektronik yang dapat digunakan untuk membayar transaksi online. Beberapa dompet digital populer di Indonesia seperti GoPay, Dana, OVO, ShopeePay, OctoMobile, dan Sakuku.

Dengan maraknya belanja daring dan kemudahan dalam bertransaksi, Adhi mengingatkan pentingnya pengelolaan keuangan yang baik untuk mengimbangi perkembangan penggunaan dompet digital.

“Bagaimanapun juga dompet digital isinya adalah uang kita. Jadi, jangan salah penggunaan,” ujarnya dalam webinar yang khususnya ditujukan bagi komunitas di wilayah Sulawesi dan sekitarnya, dikutip Selasa (19/7/2022).

Ketua Relawan TIK Kolaka Timur Andika Dwi Cahyo mengamini perlunya pengendalian diri dalam berbelanja daring agar tidak terjebak konsumtif.
Halaman :
Komentar
Copyright © 2023 SINDOnews.com
read/ rendering in 0.2780 seconds (11.210#12.26)