KKP Perkuat Hilirisasi Produk UMKM lewat Gernas BBI

Sabtu, 23 Juli 2022 - 18:00 WIB
loading...
KKP Perkuat Hilirisasi Produk UMKM lewat Gernas BBI
Menteri KKP Sakti Wahyu Trenggono menjadikan hilirisasi produk UMKM lewat gerakan cinta produk dalam negeri. Foto/Dok
A A A
JAKARTA - Menteri Kelautan dan Perikanan Sakti Wahyu Trenggono mengatakan, Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) menjadikan Gerakan Nasional Bangga Buatan Indonesia (Gernas BBI) bertajuk Warna-Warni Kalimantan Selatan sebagai salah satu penguatan hilirisasi produk UMKM .



Dia mengungkapkan pelaksanaan kegiatan ini sesuai amanah Kepres No. 15 Tahun 2021 sekaligus merespons pidato Presiden Joko Widodo pada Sidang Paripurna DPR-RI, 16 Agustus 2021, yang memuat tiga strategi besar pemulihan ekonomi nasional.

"Ketiga strategi tersebut meliputi digitalisasi UMKM, hilirisasi industri, dan ekonomi hijau atau ekonomi berkelanjutan yang ramah lingkungan," ujar Menteri Trenggono dalam keterangan pers, dikutip Sabtu (23/7/2022).

Menteri Trenggono menambahkan, Gernas BBI juga menjadi bagian dari peningkatan akses pasar untuk mendukung 3 program prioritas pembangunan KKP yang berbasis inovasi dan teknologi menuju ekonomi biru berkelanjutan.

Menurutnya, tema "Jelajahi Warna Warni Kalimantan Selatan" dinilai mengandung pesan keanekaragaman Kalimantan Selatan dalam hal kuliner berbahan ikan, corak batik Sasirangan, aneka produk UMKM, dan kekayaan budaya asli Kalimantan Selatan.

"KKP mendukung penuh program Gernas BBI melalui hastag #PasarLautIndonesia dengan melaksanakan berbagai kegiatan," jelasnya.



Menteri Trenggono memastikan KKP telah melakukan kurasi UMKM terpilih untuk mengikuti program pendampingan, pembinaan branding serta fasilitasi promosi hingga peningkatan kemampuan akses pasar di pasar lokal dan menuju ekspor. Tahun ini, KKP berkolaborasi dengan Pemprov Kalsel dan Bank Indonesia perwakilan Kalsel dalam melaksanakan program tersebut.

(uka)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 1.0399 seconds (0.1#10.140)