Subholding Pelindo Ambil Alih 100% Kepemilikan Saham WIKA dan Hutama Karya

Selasa, 26 Juli 2022 - 14:37 WIB
loading...
Subholding Pelindo Ambil Alih 100% Kepemilikan Saham WIKA dan Hutama Karya
Subholding Pelindo secara keseluruhan ambil alih kepemilikan saham WIKA dan HK di BNCT. FOTO/SINDOnews
A A A
JAKARTA - PT Pelindo Terminal Petikemas (SPTP) resmi mengambil alih secara penuh kepemilikan saham PT Prima Terminal Petikemas selaku operator Belawan New Container Terminal (BNCT) Sumatera Utara. Subholding Pelindo itu mengakuisisi masing-masing 15 persen saham yang sebelumnya dimiliki oleh PT Wijaya Karya (Persero) Tbk dan PT Hutama Karya (Persero).

"Dengan pengambilalihan tersebut, SPTP menjadi pemegang saham tunggal dengan kepemilikan saham 100 persen," ujar Corporate Secretary SPTP Widyaswendra di sela penandatanganan akta jual beli pengalihan hak atas saham PT Prima Terminal Petikemas yang dilakukan di Jakarta, Selasa (26/7/2022).



Penandatangan pengalihan saham dilakukan oleh Direktur Utama SPTP M. Adji, Direktur Utama Hutama Karya Budi Harto, dan Direktur Operasi I Wijaya Karya Hananto Aji selaku Pgs. Direktur Utama.

Widyaswendra mengatakan pengambilalihan saham Prima Terminal Petikemas sebagai bentuk komitmen bersama untuk fokus pada bisnis masing-masing. Menurutnya, SPTP selaku operator terminal memiliki kompetensi untuk mengembangkan terminal peti kemas di wilayah Sumatera.

Dengan kepemilikan sepenuhnya pada SPTP, diharapkan akan memberikan manfaat lebih untuk pengembangan logistik khususnya layanan terminal peti kemas.

"Nilai total transaksi atas pengambilalihan saham ini mencapai Rp375,9 Miliar, nilai tersebut atas 15 persen saham yang dimiliki Wijaya Karya dan 15 persen saham milik PT Hutama Karya (Persero)," jelas Widyaswendra.

Dirut Hutama Karya Budi Harto melalui akuisisi tersebut perusahaannya akan fokus menghadirkan infrastruktur yang handal di berbagai bidang termasuk pelabuhan. Pihaknya terbuka untuk bekerjasama di bidang penyiapan infrastruktur pelabuhan di seluruh wilayah kerja Pelindo.

"Dengan pengalihan kepemilikan saham di Prima Terminal Petikemas bukan berarti antara kami dengan Pelindo tidak ada hubungan lagi, tentu kami akan terus mendukung Pelindo dalam menghadirkan infrastruktur pelabuhan yang baik," kata Budi Harto.

Hal senada diungkapkan oleh Direktur Operasi I Wijaya Karya Hananto Aji selaku Pgs. Hananto mengatakan bahwa keterlibatan perseroan di Prima Terminal Petikemas sebelumnya adalah bentuk dari kolaborasi BUMN.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1717 seconds (0.1#10.140)