Kekayaan Keluarga Sosrodjojo, Pemilik Teh Botol Sosro dan franchise McDonalds di Indonesia

Selasa, 26 Juli 2022 - 20:56 WIB
loading...
Kekayaan Keluarga Sosrodjojo, Pemilik Teh Botol Sosro dan franchise McDonalds di Indonesia
Sosrodjojo merupakan keluarga pendiri sekaligus pemilik perusahaan minuman ringan yang sangat terkenal di Indonesia Teh Botol Sosro. Foto DOK Infobiografi
A A A
JAKARTA - Sosrodjojo merupakan keluarga pendiri sekaligus pemilik perusahaan minuman ringan yang sangat terkenal di Indonesia Teh Botol Sosro.

Beberapa merek minuman ringan terkenal seperti Tebs, air mineral Prim-a, Fruit Tea, Country Choice dan Teh Botol Sosro diproduksi oleh PT SInar Sosro yang dimiliki keluarga Sosrodjojo.

Baca juga : Mengintip Praktik Bisnis Berkelanjutan di Perusahaan Pionir Air Minum Kemasan

Produksi pertama yang dikeluarkan oleh PT Sinar Sosro ini adalah teh seduh bermerek Teh Cap Botol pada tahun 1940.

Dengan distribusi yang baik dan tertata rapi membuat PT Sinar Sosro pada tahun 1984 dapat menjual 9,6 ratus ribu teh botol dan berhasil menguasai 80% pasar minuman di Indonesia.

Seiring dengan berkembangnya bisnis keluarga ini PT. Sinar Sosro bernaung dibawah perusahaan induk yaitu PT. Anggada Putra Rekso Mulia atau Grup Rekso pada 2004.

Melansir dari sinar sosro.id, pada tahun 2021 PT. Sinar Sosro sudah mempunyai 12 pabrik yang tersebar di seluruh Indonesia yakni, di Medan, Palembang, Jakarta, Tambun, Cibitung, Ungaran, Gresik, Mojokerto, dan Gianyar. Serta pabrik yang khusus memproduksi air mineral Prim-A yaitu di Sentul, Purbalingga dan Pandaan.

Tak hanya pasar dalam negeri, Perusahaan ini juga merambah ke pasar internasional dengan mengekspor produk one way packaging/non botol beling ke beberapa Negara di Asia, Amerika, Eropa, Afrika, Australia dan Kepulauan Pasifik.

Baca juga : Minum Air Putih Bisa Menghilangkan Jerawat Lho!

Menengok dari kesuksesan tersebut sudah tak perlu dipertanyakan lagi kekayaan keluarga Sosrodjojo. Keluarga ini bahkan menjadi salah satu keluarga terkaya di Indonesia.

Pada tahun 2007, Keluarga Sosrodjojo masuk ke dalam urutan 40 besar orang terkaya di Indonesia dengan total kekayaan bersih sebesar USD 355 juta atau setara Rp53 miliar dalam daftar majalah Forbes.

Keluarga Sosrodjojo kembali masuk urutan Forbes di tahun 2009 yang memasukkannya sebagai salah satu orang terkaya di Indonesia dengan total kekayaan USD 1,2 miliar atau setara Rp47 triliun mengalahkan Chairul Tanjung yang memiliki kekayaan USD 99 juta.

Tak heran bila perusahaan ini bisa merebut pengaruh di berbagai restoran yang ada di Indonesia. Termasuk restoran cepat saji Mc Donald Indonesia.

Pada tahun 2009 kepemilikan Mcdonald dibeli oleh PT Rekso Nasional Food milik Keluarga Sosrodjojo. Keuntungan yang dicapai oleh keluarga ini pada tahun 2008 sendiri mencapai Rp1,8 triliun.

Setelah mengakuisisi Mcdonald, PT Rekso Nasional Food berencana untuk membuka lebih dari 75 gerai baru dalam jangka waktu lima tahun.

Saat ini PT Sinar Sosro dipegang oleh generasi ketiga keluarga Sosrodjojo. Perusahaan dengan keuntungan triliunan rupiah ini hanya dipegang oleh keturunan keluarga Sosrodjojo yaitu Soetjipto Sosrodjojo bersama anaknya dan Soegiharto Sosrodjojo bersama istri dan anak-anaknya.
(bim)
Komentar
Copyright © 2022 SINDOnews.com
read/ rendering in 0.1321 seconds (11.252#12.26)