Soal Impor Baja Ilegal, Mendag Zulhas: Kita Akan Sikat!

Rabu, 27 Juli 2022 - 11:58 WIB
loading...
Soal Impor Baja Ilegal, Mendag Zulhas: Kita Akan Sikat!
Mendag Zulhas akan menindak pelaku impor baja ilegal. Foto/Dok
A A A
JAKARTA - Menteri Perdagangan Zulkifli Hasan ( Mendag Zulhas ) mengungkap ada praktik impor baja ilegal ke Indonesia. Ia mengaku tengah merancang strategi untuk menangkap pelaku nakal tersebut.

Baca juga: Lepas Ekspor Baja ke New Zealand, Mendag Zulhas: Kualitas Indonesia World Class

"Saya lagi siap-siap, nanti tunggu tanggal mainnya. Sda beberapa pelaku (impor) baja ilegal kita akan sikat!" ujarnya di Jakarta, dikutip Rabu (27/7/2022).

Sayangnya, Zulhas enggan membeberkan lebih detail mengenai importir ilegal tersebut. Ia juga tidak mau merinci besaran volume impor baja ilegal yang masuk ke Tanah Air.

"Nanti saja ya kita lihat," ucapnya.

Meskipun ada pelaku nakal baja ilegal, Mendag Zulhas mendorong agar industri baja domestik tetap melakukan produksi yang maksimal dan terus meningkatkan luasan pasar ekspor yang potensial.

Sementara itu, Direktur Jenderal Perlindungan Konsumen dan Tertib Niaga Kemendag Veri Anggrijono membenarkan atas kecurigaan Mendag Zulhas. "Iya itu ada baja-baja ilegal, nanti diupdate lagi. Belum dikunjungi beliau (Zulhas)," tutur Veri.

Veri melanjutkan, sudah ada beberapa lokasi baja impor yang diamankan. Hanya saja untuk detailnya, ia belum bisa mengungkap.

Baca juga: Prabowo Tegaskan Semangat Pendekar Pencak Silat adalah Membela yang Lemah, Miskin dan Tertindas

"Jadi itu baja yang importasinya tidak sesuai ketentuan. Kita sudah amankan. Nantilah jumlahnya ya," tandas Veri.

(uka)
Komentar
Copyright © 2023 SINDOnews.com
read/ rendering in 0.5345 seconds (10.101#12.26)