Ini 6 Merek Terkenal yang Dicontek China

Kamis, 28 Juli 2022 - 12:45 WIB
loading...
Ini 6 Merek Terkenal yang Dicontek China
Sedikitnya ada enam merk terkenal yang dicontek China dalam memproduksi sesuatu. Foto DOK SINDOnews
A A A
JAKARTA - Sedikitnya ada enam merk terkenal yang dicontek China dalam memproduksi sesuatu. Baik itu makanan, minuman, sepatu ataupun smartphone .

Melansir dari logoeps.com, satu-satunya hal yang membedakan palsu dan asli produk tersebut terlihat dari adanya kesalahan ejaan yang disengaja di semua logo terkenal mereka yang mirip. Menurut penelitian, hampir 15-20% dari total produk buatan China adalah tiruan. Angka-angka ini termasuk produk industri dan konsumen serta obat-obatan.

Baca juga : Barang China Masih Merajai Produk-Produk Impor Indonesia

Meskipun pemerintah China telah menutup produsen merek palsu demi meningkatkan citra ekonomi, namun produk bermerek palsu tersebut masih beredar. Terdapat sebuah pusat perbelanjaan yang terletak di kota Nanjing, timur Shanghai. Mal ini secara khusus didedikasikan untuk sekitar 58 barang dagangan merek palsu.

Berikut enam merk terkenal yang dicontek China :

1. KFC menjadi KLG

Sebelum KLG sempat muncul OFC (Obama Fried Chicken) yang kemudian usaha tersebut terkena kasus pemalsuan etalase dan kemudian ditutup. KLG sendiri merupakan singkatan dari Kuai Le Gee, namun restoran KW ini diperkirakan tidak akan bertahan lama dengan KFC yang sedang berkembang pesat di China.

2. Starbuck menjadi Buckstar

Membalik nama Starbuck menjadi Buckstar mungkin terdengar kurang kreatif dibanding produk lainnya. Starbuck sendiri kini telah membuka cabangnya di berbagai negara di dunia. Gerai yang juga menjual minuman kopi ini telah menjamur tiruannya di China. Mulai dengan nama Star Fuck dan juga Seyahi Coffee.

3. Nike menjadi Nibe

Produk peralatan olahraga dan fashion ini juga tak luput dari tiruan China. Dengan logo yang hampir sama persis dengan mengganti beberapa hurufnya saja. Beberapa tiruan ini memiliki nama yang beragam, mulai dari Nibe, Hike, Nikie, sampai Nire. Sehingga membuat negara ini penyumbang produk Nike palsu utama di dunia.

4. Pizza HUT menjadi Pizza HUH

Satu lagi nama restoran terkenal yang juga ditiru oleh China. Pizza HUT memang restoran yang menjual makanan khas Italia asal Amerika yang membuka gerai di berbagai negara. Anehnya restoran sebesar ini juga dibuat KWnya oleh China dengan hanya mengganti huruf belakangnya saja.

Baca juga : Produk Buatan China Diperangi, Produksi Apple Terancam Diusik

5. Adidas menjadi Adibas

Produk asal jerman yang merupakan pesaing Nike ini juga mendapat tiruan yang cukup banyak di China. mulai dengan nama Adibas, abcids, sdidsa, avivas, hingga adadas.
Mungkin di China juga terdapat persaingan ketat antara dua produk olahraga tersebut dalam hal nama tiruan terbanyak.

6. iPhone menjadi HiPhone

Meskipun China kini telah menjadi negara pembuat smartphone terbesar seperti Vivo, Oppo, dan Xiao Mi namun negara ini ternyata sempat meniru nama smartphone terkenal.
Produk smartphone apple ini juga sempat menjadi bahan tiruan oleh china menengok kepopulerannya yang tinggi.
(bim)
Komentar
Copyright © 2023 SINDOnews.com
read/ rendering in 0.1877 seconds (11.97#12.26)