Relawan Sandiaga Latih Warga Banjar Budidaya Ikan dan Pakan Mandiri

Kamis, 28 Juli 2022 - 18:30 WIB
loading...
Relawan Sandiaga Latih Warga Banjar Budidaya Ikan dan Pakan Mandiri
Relawan Sandiaga Uno menggelar kegiatan pelatihan budidaya ikan hingga pakan mandiri di Kota Banjar. FOTO/Istimewa
A A A
JAKARTA - Relawan pendukung Sandiaga Uno yang tergabung dalam Sahabat SandiUno Kota Banjar menggelar pelatihan membudidayakan ikan air tawar dan cara membuat pakan ikan mandiri (maggot), kepada ratusan warga setempat.

Pelatihan tersebut digelar di rumah makan Pawon Baraya, Racakole Desa Mulyasari, Kecamatan Pataruman, Kota Banjar. Banyaknya warga yang memiliki kolam ikan namun belum maksimal dalam pembudidayaannya, membuat relawan Sahabat SandiUno Kota Banjar tergerak untuk memberi pelatihan tersebut.

H. Kusnadi alias Akaw, pemilik Akaw Fish sekaligus Ketua Sahabat Sandiuno Wilayah Ciamis, menjelaskan salah satu teknik pembudidayaan ikan air tawar ini dengan memaksimalkan potensi budidaya yang baik dan benar. Ikan yang dibudidayakan di antaranya Nila, Gurame, dan Lele.

"Lima tips kunci sukses budidaya yakni adanya kolam, ikannya, pakan, pemeliharaan, terakhir panen dan pasca panen," kata Kusnadi, Kamis (28/7/2022).


Kesuksesan ia dalam membudidayakan ikan air tawar ingin diterapkan kepada para peserta. Ia berharap, pelaku budidaya ikan di Kota Banjar bisa mengikuti jejaknya hingga berhasil meraup keuntungan dengan modal yang murah dan praktik budidaya yang tepat serta efisien.

"Dalam membudidayakan ikan air tawar pemberian pakan juga tidak sembarangan. Hal itu juga menjadi kunci penting supaya hasil panen melimpah. Pakan ikan yang diberikan menggunakan maggot," kata Kusnadi.

Relawan Sandiaga Latih Warga Banjar Budidaya Ikan dan Pakan Mandiri


Nama Maggot mendadak populer di kalangan pembudidaya ikan di Indonesia. Hal tersebut karena Maggot sangat berkualitas dan mengandung protein tinggi yang dibutuhkan oleh ikan. Kusnadi juga mengatakan, sosok Sandiaga yang bertanggung jawab atas kehidupan layak masyarakat, membuatnya didukung warga setempat.

"Dengan adanya pelatihan ini, kita bersama-sama, bergandengan tangan, melanjutkan, untuk menciptakan keadilan sosial bagi seluruh rakyat Indonesia. Kami kerja sama dengan Sahabat Sandiuno dalam pelatihan ini. Sosok Pak Sandi sendiri bertanggung jawab memberi kehidupan layak pada rakyatnya, Pak Sandi konsisten pada program kebangkitan ekonomi," kata Kusnadi.



Lili, salah satu warga Lingkungan Pintusinga, Kota Banjar, senang dengan adanya pelatihan ini. Ia berencana ingin membudidayakan ikan air tawar di kolam miliknya dengan konsep yang diberikan dalam pelatihan tersebut. Ia juga turut mendukung Sandiaga Uno di Pilpres 2024 mendatang.

"Dengan mengikuti pelatihan ini, sosok Pak Sandi memperhatikan hal tersebut. Karena beliau sendiri sudah memiliki pengalaman dalam memimpin perusahaan. Nah figur pemimpin seperti Sandi Uno yang kami harapkan memimpin Indonesia. Jadi kalo Pak Sandi nyalon jadi Presiden, insyaallah, kami siap mendukung," kata Lili.

(nng)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 1.3183 seconds (0.1#10.140)