Tingkatkan Akses Pemasaran Produk, UMKM Papua Barat Dipacu Go Online

Sabtu, 30 Juli 2022 - 17:17 WIB
loading...
Tingkatkan Akses Pemasaran Produk, UMKM Papua Barat Dipacu Go Online
Workshop UMKM Go Online yang ditujukan bagi pelaku UMKM di Papua Barat. Foto/Ist
A A A
JAKARTA - Raja Ampat di Papua Barat dikenal sebagai destinasi pariwisata dengan keelokan alam dan pemandangan bawah lautnya. Para pelaku pariwisata dan ekonomi kreatif di Papua Barat pun didorong untuk cepat beradaptasi dengan dunia digital sehingga dapat mempromosikan destinasi pariwisata dan produk-produk lokal ke kancah nasional maupun global.

Untuk itulah, Direktorat Ekonomi Digital Kementerian Kominfo mendorong pelaku Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) di kota Sorong, Papua Barat untuk segera go online agar UMKM dapat bersiap menghadapi era revolusi industri 4.0.

Di tahun ketiga ini, UMKM Go Online menambah fokus lokasi di tiga daerah baru yakni Papua, Papua Barat, dan Maluku Utara. Dengan lokasi basecamp fasilitator di Manokwari, workshop digelar di Kota Sorong untuk memberikan semangat sekaligus pengetahuan dasar yang dapat memacu para pelaku usaha khususnya UMKM produsen sektor pengolahan untuk menyempurnakan produk dan menjualnya lintas daerah.

Direktur Ekonomi Digital I Nyoman Adhiarna saat membuka acara secara online menyampaikan, tiga daerah baru di Indonesia timur yang ditambahkan dari kegiatan UMKM Go Online tahun lalu bertujuan untuk mendorong pemanfaatan teknologi digital bagi pelaku usaha setempat.

“Dengan mengadopsi berbagai teknologi digital, UMKM mampu meningkatkan laba dengan cara memperluas pemasaran dan mempermudah proses bisnisnya,” ujarnya, dikutip Sabtu (30/7/2022).

Baca juga: Berwisata di Indonesia Saja! Sri Mulyani: Raja Ampat, Sepenggal Surga di Bumi

KadiskopUKM Sorong Yance Jitmau menyatakan, berbagai potensi produk-produk hasil olahan para UMKM di kota Sorong sejatinya mampu menembus pasar yang lebih luas.

Untuk itu, dia meminta para UKM tidak menyia-nyiakan kesempatan mengikuti kegiatan pendampingan UMKM Go Online Scale-up yang digelar oleh Direktorat Ekonomi Digital Kementerian Kominfo.

Gina menjawab berbagai permasalahan mendasar bagi pelaku usaha untuk terjun ke dunia digital, workshop menghadirkan M Riva Yozi Pratama dari Shopee Indonesia serta Putra Rizqi Agung Usman sebagai Head of Shipper Academy. Mereka memberikan berbagai tips dan trik berjualan online bagi pemula agar bisa bersaing dengan para pemain lama.

Baca juga: Diblokir Kominfo, PayPal, Dota, dan Pake VPN Treding Topik di Twitter

Irwansyah Putra, Asisten Deputi Pengembangan Ekosistem Bisnis Deputi Kewirausahaan KemenkopUKM, menegaskan bahwa pihaknya akan terus menghubungkan UMKM dari hulu hingga hilir, mulai dari akses pembiayaan, kurasi, kemasan, logistik hingga pemasaran.

“Workhsop kali ini adalah salah satu bentuk sinergi antar lembaga untuk mendampingi para UMKM khususnya di Kota Sorong agar produk-produk UMKM Sorong mampu bersaing dengan produk dari daerah lainnya,” tuturnya.

Workshop dihadiri oleh para pengusaha muda yang sedang merintis usaha dan pengusaha besar yang sudah menghasilkan produk-produk olahan namun masih belum dapat memanfaatkan kemudahan dan benefit yang ditawarkan oleh berbagai aplikasi digital.



Sebagai informasi, program UMKM Go Online mendampingi para pelaku UMKM langkah demi langkah menggunakan aplikasi-aplikasi digital untuk membantu proses bisnis.

Mulai dari membuka toko online di media sosial dan marketplace, tips dan trik berjualan online, hingga pemakaian agregator, POS dan stocklist selama enam bulan.

Sebanyak 30.000 UMKM di 13 daerah mendapatkan berbagai pelatihan dan pendampingan gratis baik online maupun offline selama periode Mei hingga Oktober 2022.
(ind)
Komentar
Copyright © 2022 SINDOnews.com
read/ rendering in 0.1509 seconds (11.252#12.26)