alexametrics

Mudahkan Pelanggan, PLN Siapkan Aplikasi Baru

loading...
Mudahkan Pelanggan, PLN Siapkan Aplikasi Baru
Pegawai PLN memperlihatkan aplikasi New PLN Mobile yangsedang diuji coba. Foto/dok PLN
A+ A-
JAKARTA - PLN sedang menyiapkan aplikasi “New PLN Mobile” yang merupakan pengembangan dari aplikasi yang ada sebelumnya. Beberapa fitur baru disematkan untuk memudahkan pelanggan listrik mengelola kebutuhannya.

“Pelanggan hari ini adalah pelanggan yang berbeda dengan lima atau sepuluh tahun lalu. Yang tidak mau berubah dan tidak mau mendengar, akan ditinggalkan pelanggan. Lewat PLN Mobile ini, kami ingin memberikan pengalaman baru kepada pelanggan tentang kemudahan mendapatkan layanan listrik, menyampaikan keluhan, termasuk membayar tagihan bulanan,” kata Direktur Utama PLN Zulkifli Zaini dalam keterangan tertulisnya, kemarin. (Baca: 10 Menteri Dinilai Gagal Tangani Corona, Jokowi Didesak Resuffle Kabinet)

Aplikasi PLN yang baru tersebut mulai 24 Juni lalu telah diuji coba di kalangan internal perusahaan. Tahapan ini untuk mendapatkan masukan dan usulan sehingga nanti ketika dirilis bisa menjawab apa yang dibutuhkan pelanggan.

Zulkifli menambahkan, New PLN Mobile ini nanti lebih inovatif dari sisi tampilan dan kemudahan penggunaannya. Pembelian token listrik, pasang sambungan baru, tambah daya, ataupun membayar tagihan, semuanya bisa dilakukan pada aplikasi tersebut. “Bahkan di aplikasi yang sudah kami perbarui ini, notifikasi bila ada pemutusan jaringan listrik karena pemeliharaan, pelanggan sudah bisa mengetahui terlebih dahulu,” katanya. (Baca juga: Pedagang Cuanki yang Ludahi Mangko Pelanggan Negatif Covid-19)



Pada aplikasi tersebut, ujar Zulkifli, jika pelanggan melaporkan adanya gangguan, mereka bisa memantau posisi petugas PLN yang akan mendatangi rumah. “Kami melakukan terobosan ini supaya pelanggan dan masyarakat pengguna listrik memiliki pengalaman berbeda dari sebelumnya. Pelanggan adalah raja yang harus dilayani sebaik-baiknya. Tanpa memberikan pelayanan terbaik kepada pelanggan, bisnis PLN tidak akan berkembang,” katanya. (Lihat videonya: Lima Rumah warga Terseret Longsor di Palopo)

Aplikasi New PLN Mobile ini adalah salah satu dari 20 terobosan (breakthrough) yang digali dari pengalaman para PLNers memberikan pelayanan ketenagalistrikan. Ke-20 terobosan tersebut disatukan dalam program Transformasi PLN yang mencakup empat fokus antara lain, Lean untuk memastikan pengadaan listrik yang andal dan efisien, Green untuk meningkatkan kapasitas pembangkitan dengan fokus pada energi baru terbarukan, Innovative untuk meraih pendapatan dari sumber-sumber baru seperti fiber optik dan electric vehicle, serta Customer Focused untuk menjadi pilihan nomor satu bagi pelanggan dan mengejar target 100% elektrifikasi. (Yanto Kusdiantono)
(ysw)
Ikuti Kuis Berhadiah Puluhan Juta Rupiah di SINDOnews
preload video
TULIS KOMENTAR ANDA!
Aktifkan notifikasi browser anda untuk mendapatkan update berita terkini SINDOnews.
Aktifkan
Tidak
Top