ALFI gandeng perguruan tinggi tingkatkan SDM

Senin, 17 Maret 2014 - 13:52 WIB
ALFI gandeng perguruan tinggi tingkatkan SDM
ALFI gandeng perguruan tinggi tingkatkan SDM
A A A
Sindonews.com - Menyongsong ASEAN Economic Community (AEC) 2015, Asosiasi Logistik dan Forwarder Indonesia (ALFI) melakukan sejumlah strategi untuk meningkatkan kualitas SDM Indonesia, khususnya dalam bidang logistik.

Hal tersebut untuk meningkatkan kualitas dan daya saing Indonesia dibanding negara ASEAN lainnya. "SDM merupakan masalah yang terus kita tingkatkan, karena SDM merupakan salah satu motor penggerak perekonomian," kata Ketua Umum ALFI 2009-2014, Iskandar Zulkarnain di sela Munas ALFI ke-5 di Grand Sahid Hotel Jakarta, Senin (17/3/2014).

Menurutnya, butuh waktu untuk melakukan penyesuaian dengan AEC. Karena itu, hingga kini ALFI menggandeng beberapa perguruan tinggi untuk meningkatkan kualitas SDM di Indonesia.

"Alfi selama ini sudah bekerja sama dengan Universitas Gadjah Mada dan Victoria University, untuk meningkatkan kapasitas building bidang logisitik," imbuhnya.

SDM Indonesia, kata dia, banyak yang masih memiliki skill yang rendah (low skill). Sementara, AEC 2015 nanti menuntut tenaga kerja untuk memiliki kompetensi yang tinggi. Selain itu, para pekerja juga butuh sertifikasi berstandar Internasional.

Untuk itu, ALFI secara rutin mengadakan Training of Trainer (ToT) di Jakarta dan di beberapa daerah lainnya. "Kita selalu adakan Training of Trainer, ini kapasitas yang harus kita kembangkan. Tapi ini struktural. Sebanyak 20 ribu yang sudah lulus dan memiliki sertifikasi," pungkas Iskandar.
(izz)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 1.4041 seconds (0.1#10.140)