Inflasi RI Capai 4,9 Persen, Wamenkeu Bandingkan dengan Turki hingga Rusia

Rabu, 03 Agustus 2022 - 13:55 WIB
loading...
Inflasi RI Capai 4,9 Persen, Wamenkeu Bandingkan dengan Turki hingga Rusia
Wamenkeu Suahasil Nazara menyebut inflasi Indonesia masih lebih baik dibanding sejumlah negara. Foto/Dok
A A A
JAKARTA - Wakil Menteri Keuangan (Wamenkeu) Suahasil Nazara mengatakan bahwa pemulihan ekonomi global saat ini masih dibayangi sejumlah eskalasi risiko dan tantangan yang harus disikapi dengan hati-hati, seperti inflasi, geopolitik, dan potensi resesi.



Meski begitu, Indonesia menjadi salah satu negara yang berhasil pulih melewati pra-pandemi 2019. Hal ini ditandai oleh (produk domestik bruto) PDB riil 2021 Indonesia yang berada 1,6% di atas level 2019. Pemulihan ekonomi Indonesia yang cepat diiringi oleh terkendalinya inflasi, merupakan salah satu yang paling moderat di antara negara sebanding.

“Saat ini kondisi ekonomi yang kita hadapi itu bergeser. Bergeraknya ke situasi ketika inflasi meningkat di berbagai belahan dunia. Namun, kita lihat bahwa banyak negara peer grup kita yang masih belum kembali ke level 2019. Kita termasuk negara yang sudah kembali,” ujar Suahasil dalam acara Bisnis Indonesia Mid Year Economic Outlook 2022 bertajuk Prospek Pemulihan Ekonomi Indonesia di Tengah Perubahan Geopolitik Global Pascapandemi, dikutip Rabu (3/8/2022).

Lebih lanjut, dia juga menjelaskan inflasi Indonesia pada Juli 2022 berada di angka 4,9% (yoy) berdasarkan laporan Badan Pusat Statistik per 1 Agustus 2022. Angka ini masih jauh di bawah negara-negara lain yang menghadapi tekanan inflasi yang lebih tinggi dari Indonesia, seperti Turki dengan angka inflasi 78,6%, Argentina 64%, Rusia 15,9%, dan Brazil 11,9%.

Selain itu, level PDB riil Indonesia juga menunjukan arah yang positif, dengan budget defisit sekitar 4,6%. Secara keseluruhan, dibandingkan dengan banyak negara lain, Indonesia menunjukkan fundamental yang kuat.



“Posisi relatif Indonesia menunjukkan ketahanan kita, namun demikian kita harus tetap berjaga-jaga,” ungkap Suahasil.

(uka)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2654 seconds (0.1#10.140)