Ini Daftar Mobil yang Dilarang Konsumsi Pertalite Mulai September 2022

Kamis, 04 Agustus 2022 - 12:23 WIB
loading...
Ini Daftar Mobil yang Dilarang Konsumsi Pertalite Mulai September 2022
Berikut daftar kendaraan bermesin 1.500 cc ke atas yang bakal dilarang membeli serta mengkonsumsi BBM Pertalite, saat pembatasan diharapkan bakal berlaku September 2022, mendatang. Foto/Dok
A A A
JAKARTA - Anggota Komite BPH Migas, Saleh Abdurrahman mengatakan, konsumen yang tidak boleh membeli Pertalite adalah untuk kendaraan roda empat dengan kapasitas mesin di bawah 1.500 cc. Pasalnya, mobil bermesin 1.500 cc ke atas ini dinilai tergolong sebagai barang mewah.

Baca Juga: Tak Perlu Ruwet Batasi BBM, Pengamat: Mobil Sebaiknya Dilarang Pakai Pertalite

Menurut dia, pembelian Pertalite secara terbatas bakal dimulai September 2022. Mobil-mobil di atas 1.500 cc bakal dilarang untuk mengisi bensin RON 90 tersebut.

Pembatasan BBM Pertalite sejalan dengan rampungnya revisi Peraturan Presiden (Pepres) Nomor 191 Tahun 2014 dan proses sosialisasi. Hal itu diungkapkan Anggota Komite Badan Pengatur Hilir Minyak Bumi dan Gas Bumi (BPH Migas) Saleh Abdurrahman.

"Keputusannya nanti nunggu peraturan presiden, Harapan kami September sudah bisa implementasi," kata Saleh saat dihubungi MNC Portal, Kamis (4/8/2022).

Baca Juga: Heboh Beli BBM Wajib Pakai MyPertamina per 1 Agustus, Pertamina Masih Menunggu Perpres

Tujuan pemerintah merencanakan pembatasan konsumsi Pertalite oleh kendaraan pribadi roda empat ialah supaya jumlah subsidi bahan bakar minyak (BBM) tidak terlalu besar di kemudian hari.

Sebelumnya, Sekjen Dewan Energi Nasional, Djoko Siswanto mengungkapkan, rencana pemerintah membatasi konsumsi Pertalite oleh kendaraan pribadi roda empat, masih menunggu penerbitan Peraturan Presiden (Perpres).

"Peraturan Presidennya sedang disiapkan," kata Djoko.

Berikut daftar rangkuman mobil-mobil yang boleh dan tidak boleh mengisi BBM jenis Pertalite.
Halaman :
Komentar
Copyright © 2022 SINDOnews.com
read/ rendering in 0.2263 seconds (11.97#12.26)