KSEI Permudah Investor Ikut RUPS dari Mana Saja, Begini Caranya

Jum'at, 05 Agustus 2022 - 21:21 WIB
loading...
KSEI Permudah Investor Ikut RUPS dari Mana Saja, Begini Caranya
Ilustrasi Foto/Dok SINDOnews/Astra Bonardo
A A A
JAKARTA - Investor kini semakin dimudahkan untuk mengikuti Rapat Umum Pemegang Saham (RUPS) secara online dari mana saja melalui platform EASY milik PT Kustodian Sentral Efek Indonesia (KSEI) .

Kepala Divisi Penelitian dan Pengembangan Usaha KSEI Dian Kurniasarie menjelaskan, platform yang sudah diluncurkan sejak 2020 tersebut merupakan upaya KSEI untuk meningkatkan efisiensi penyelenggaraan RUPS emiten.

Dengan EASY, diharapkan partisipasi investor untuk menghadiri RUPS akan meningkat, terutama pada masa pandemi COVID-19 dan kehadiran EASY menjadi bagian dari upaya perlindungan investor.

“Dengan fitur yang sudah dilengkapi oleh platform e-proxy, e-voting dan live streaming, EASY menjadi pilihan investor untuk mengikuti RUPS dengan lebih mudah, karena EASY bisa diakses dari mana saja,” ujar Dian dalam keterangan tertulisnya, Jumat (5/8/2022).

Baca juga: KSEI Mudahkan RUPS Online dengan e-Proxy

Dian mencatat investor diberikan kemudahan untuk mengikuti RUPS. Pasalnya, semua kegiatan RUPS dilakukan secara elektronik dan bagi investor yang tidak bisa hadir secara langsung, dapat memberikan kuasa kepada pihak lain yang semua prosesnya dilakukan melalui EASY.

Selain itu, investor yang sudah melakukan konfirmasi kehadiran melalui EASY, tidak perlu hadir langsung pada saat pelaksanaan RUPS, karena kehadiran investor sudah tercatat dan hak suara sudah sah terhitung dalam RUPS.

“EASY juga menjadi solusi bagi investor yang berbeda domisili dengan lokasi pelaksanaan RUPS, apalagi untuk investor yang harus mengikuti beberapa RUPS di waktu yang berdekatan, namun di lokasi yang berbeda,” kata Dian.

Baca juga: Soal Investor Baru Kereta Cepat, Erick Thohir Bawa-bawa Garuda

Dian mengungkapkan sampai Juni 2022, dari 787 emiten saham di pasar modal, 768 di antaranya telah menggunakan fasilitas EASY.
Halaman :
Komentar
Copyright © 2022 SINDOnews.com
read/ rendering in 0.1541 seconds (10.101#12.26)