Selain Sri Lanka, 4 Negara Asia ini Juga Pernah Berutang ke China

Senin, 08 Agustus 2022 - 15:00 WIB
loading...
Selain Sri Lanka, 4 Negara Asia ini Juga Pernah Berutang ke China
Sedikitnya ada empat negara Asia yang pernah berutang ke China. Berbicara tentang pinjaman luar negeri, China disebut sebagai kreditur terbesar di dunia. Foto DOK SINDOnews
A A A
JAKARTA - Sedikitnya ada empat negara Asia yang pernah berutang ke China . Berbicara tentang pinjaman luar negeri , China disebut sebagai kreditur terbesar di dunia. China tak segan untuk meminjamkan sejumlah dana untuk berbagai proyek yang dikerjakan negara lain.

Di satu sisi, China lebih suka dilihat sebagai mitra pembangunan. Hanya saja, sebagian negara menyebut Negeri Tirai Bambu sebagai pemasang perangkap utang yang menyasar negara-negara kecil, termasuk di kawasan Asia.

Baca juga : Negara-negara Ini Disebut-sebut Jadi Korban Jebakan Utang China

Berikut beberapa negara di Asia yang pernah berutang ke China :

1. Pakistan

Pakistan merupakan sebuah negara yang berada di kawasan Asia Selatan. Sama halnya dengan negara berkembang lainnya, Pakistan memiliki kaitan yang cukup lekat dengan China, khususnya dalam hal ekonomi.

Dikutip dari Asia Times, laporan IMF awal tahun 2022 lalu menyebut negara ini telah berutang kepada China sekitar $18,4 Miliar. Jumlah ini dikatakan menjadi salah satu kontribusi tertinggi untuk utang Pakistan. Angka tersebut setara dengan 20 persen dari total luar negeri Pakistan yang mencapai $92,3 Miliar.

Dalam hal ini, IMF memproyeksikan PDB Pakistan akan tumbuh sebesar 4 persen selama tahun fiskal berjalan. Namun, selain itu IMF juga memperkirakan total utang luar negeri Pakistan akan bertambah menjadi $103 Miliar pada akhir tahun fiskal berikutnya.

2. Maladewa

Jebakan utang China telah membayangi ekonomi Maladewa sejak beberapa tahun yang lalu. Seperti yang diketahui, Beijing menjadi telah mendanai berbagai proyek yang dimiliki Maladewa di masa pemerintahan Abdullah Yameen.
Halaman :
Komentar
Copyright © 2022 SINDOnews.com
read/ rendering in 0.1112 seconds (10.55#12.26)