Transneft Rusia: Ukraina Tutup Aliran Minyak ke Eropa Tengah karena Masalah Pembayaran

Rabu, 10 Agustus 2022 - 01:51 WIB
loading...
Transneft Rusia: Ukraina Tutup Aliran Minyak ke Eropa Tengah karena Masalah Pembayaran
Ukraina telah menangguhkan aliran pipa minyak mentah Rusia ke beberapa bagian Eropa tengah sejak awal bulan ini karena sanksi Barat. Foto/Dok
A A A
MOSKOW - Ukraina telah menangguhkan aliran pipa minyak mentah Rusia ke beberapa bagian Eropa tengah sejak awal bulan ini karena sanksi Barat mencegahnya menerima biaya transit dari Moskow. Pernyataan ini dilontarkan oleh perusahaan raksasa energi Rusia, Transneft.

Sementara itu dilansir Reuters, harga minyak mentah Brent yang menjadi patokan internasional mengalami peningkatan USD2 per barel hingga diperdagangkan mendekati USD98/barel akibat berita itu menambah kekhawatiran pasokan energi.

Baca Juga: Membongkar Fakta-fakta Siapa Saja Penadah Minyak Rusia dan Mantan Pembelinya

Eropa diketahui sangat bergantung tidak hanya pada minyak mentah Rusia, diesel, gas alam, tapi juga hingga batu bara. Harga energi telah mencetak reli tahun ini karena kekurangan pasokan, membuat Eropa berlari untuk mengganti energi Rusia dengan sumber alternatif.

Aliran minyak mentah di sepanjang rute selatan pipa Druzhba telah terpengaruh, sementara rute utara yang melayani Polandia dan Jerman tetap tidak terganggu.

Baca Juga: 3 Negara yang Bisa Menggantikan Suplai Gas Rusia ke Eropa

Penangguhan aliran pipa pada hari Selasa, waktu setempat telah menghantam negara-negara seperti Slovakia, Hongaria dan Republik Ceko. Dimana semuanya sangat bergantung pada minyak mentah Rusia dan memiliki kemampuan terbatas untuk mengimpor pasokan alternatif melalui laut.

Fakta bahwa penyuling harus mengimpor minyak dari laut dalam waktu singkat seperti itu akan membuat pekerjaan untuk mengamankan pasokan alternatif menjadi lebih sulit. Seperti disampaikan para pelaku pasar bahwa pasar minyak mentah sangat ketat.

Perusahaan energi Hongaria MOL dan operator pipa Slovakia Transpetrol mengkonfirmasi, bahwa aliran minyak telah dihentikan selama beberapa hari terkait pembayaran biaya transit.

MOL mengatakan, pihaknya memiliki cadangan selama beberapa minggu dan sedang mencari solusi. Penyuling minyak MOL Slovnaft mengutarakan, bahwa mereka memulai diskusi dengan Ukraina dan mitra Rusia tentang kemungkinan pembayaran biaya transit oleh Slovnaft atau MOL.
Halaman :
Komentar
Copyright © 2022 SINDOnews.com
read/ rendering in 0.1800 seconds (11.252#12.26)