Didukung BUMN, Pelaku UMK Milenial Raup Omzet Rp80 Juta per Bulan dari Jualan Jamu

Minggu, 14 Agustus 2022 - 15:19 WIB
loading...
Didukung BUMN, Pelaku UMK Milenial Raup Omzet Rp80 Juta per Bulan dari Jualan Jamu
Septi Setiani, salah seorang generasi milenial pemilik Galery Sekar Jawi di Yogyakarta. Foto/Ist
A A A
JAKARTA - Generasi milenial pelaku usaha mikro dan kecil (UMK) ternyata banyak yang sukses mempertahankan bisnisnya selama pandemi.

Selain faktor keteguhan niat dalam berusaha, kesuksesan tersebut ditopang oleh kolaborasi dan sinergi dengan pemerintah dan Badan Usaha Milik Negara (BUMN).

“Dinas terkait atau pemerintah termasuk BUMN seperti Pertamina pasti support untuk memajukan UMK. Jadi, mari kita bersinergi,” ujar Septi Setiani, salah seorang generasi milenial pemilik Galery Sekar Jawi, di Yogyakarta, dikutip Minggu (14/8/2022).

Septi sudah tiga tahun mengelola Galery Sekar Jawi yang memproduksi berbagai macam minuman tradisional dan kosmetik dari bahan herbal.

Menurut dia, nama tersebut ada filosofinya. Sekar diambil dari Bahasa Jawa yang artinya lokal, sementara Jawi merujuk pada sebutan untuk Tanah Jawa.

“Harapannya dari nama Sekar Jawi itu bisa menjadi brand lokal yang bisa mengangkat produk asli Jawa,“ tuturnya.



Bisnis tersebut dirintis Septi saat kuliah di Diploma II Jamu (D-II Jamu), Universitas Gadjah Mada (UGM). Di sana, dia mendapatkan ilmu tentang berbagai jenis jamu hingga cara memproduksinya.

“Dari awal saya ingin punya produk yang sesuai dengan keilmuan. Selain itu, saya juga ingin melestarikan budaya karena jamu itu merupakan warisan budaya nenek moyang yang intangible yang saat ini sedang didaftarkan di UNESCO," ucapnya.

Septi menambahkan, dari zaman dahulu jamu sudah ada sejarahnya. “Karena saya dari Yogyakarta, maka saya ingin membuat produk jamu asli Yogyakarta. Saya belajar tentang jamu dari buku. Saya tidak punya keturunan pembuat jamu,” ungkapnya.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.4079 seconds (0.1#10.140)