Didukung BUMN, Pelaku UMK Milenial Raup Omzet Rp80 Juta per Bulan dari Jualan Jamu

Minggu, 14 Agustus 2022 - 15:19 WIB
loading...
A A A
Area Manager Comrel & Corporate Social Responsibility (CSR) Pertamina Regional Jawa Bagian Tengah (JBT) Brasto Galih Nugroho menuturkan, Pertamina memiliki program pendanaan UMK yang dulu dikenal dengan nama program kemitraan.

“Intinya ini adalah program pinjaman atau pembiayaan modal bagi UMK. Dari Pertamina memberikan modal sebesar 6% per tahun, bisa juga dengan sistem syariah. Pembiayaan tersebut digunakan utk modal kerja salah satunya seperti yang dilakukan oleh Mbak Septi dari Sekar Jawi,” terang Brasto.

Untuk mendapatkan pinjaman modal kerja, lanjut dia, pelaku UMK dapat mengakses ke situs www.genumkm.pertamina.com atau call center Pertamina 135. Pertamina akan melakukan survey terkait prospek usaha, agunannya dan lain-lain.

“Perkembangan UMKM selama pandemi memang sangat berat. Mbak Septi tahun lalu sempat kami kunjungi, diskusi apa saja kendalanya. Kami melakukan pendampingan pada para mitra binaan yang terdampak pandemi agar bisa bangkit kembali. Alhamdulillah saat ini ekonomi sudah mulai tumbuh, semoga UMKM bisa terus tumbuh dan berkembang,” paparnya.



Brasto berharap mitra binaan Pertamina bisa berkembang melesat jauh dan pinjaman pembiayaan tidak hanya diberikan satu kali.

“Pinjaman disesuaikan dengan bisnisnya dan pembayaran angsuran. Yang penting pinjamannya atau pembiyaan jangan digunakan untuk kebutuhan konsumtif,” tuturnya.

Kepala Biro Komunikasi Layanan Informasi Publik, dan Kerja Sama Kementerian ESDM Agung Pribadi menuturkan program Tanggung Jawab Sosial dan Lingkungan (TJSL) harus mengutamakan masyarakat yang berada di lokasi operasional perusahaan. Tujuannya agar perekonomian masyaraat yang ada di wilayah tersebut dapat ditingkatkan.

“Perusahaan seperti Pertamina misalnya dapat membantu pemasaran. Jadi, keberadaan perusahaan bisa memberikan manfaat pada masyarakat,” ujarnya.
(ind)
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2419 seconds (0.1#10.140)