Pacu Peran Generasi Muda untuk Percepat Pemulihan Ekonomi Daerah Pasca Pandemi

Senin, 15 Agustus 2022 - 15:25 WIB
loading...
Pacu Peran Generasi Muda untuk Percepat Pemulihan Ekonomi Daerah Pasca Pandemi
Generasi muda yang adaptif terhadap perubahan diharapkan mampu mengambil peluang dalam mengembangkan ekonomi kreatif dengan memanfaatkan platform digital. Foto/SINDOnews/Yulianto
A A A
JAKARTA - Pandemi Covid-19 telah membawa perubahan besar terhadap cara orang berinteraksi dan berkomunikasi, bertransaksi, dan menjalankan aktivitas ekonomi.

Pasalnya, pandemi mengakselerasi digitalisasi, di mana semakin banyak orang memanfaatkan teknologi informasi dan internet dalam kegiatan sehari-hari di tengah pembatasan mobilitas.

Generasi muda sebagai pengguna terbanyak internet dan media sosial yang adaptif terhadap perubahan diharapkan mampu mengambil peluang dalam mengembangkan ekonomi kreatif dengan memanfaatkan platform digital.

Dalam webinar bertema “Bangkit Pasca Pandemi! Bangun Perekonomian Daerah Berbasis Digital” yang diselenggarakan Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) bersama Gerakan Nasional Literasi Digital (GNLD) Siberkreasi, Senin (8/8), Inspirator Dasterpreneur Azura mengatakan, perkembangan teknologi digital membantu kerja-kerja pelaku UMKM dalam meningkatkan bisnisnya, yang akhirnya akan berkontribusi pada ekonomi daerah dan secara nasional.

Pada era pandemi, UMKM dituntut untuk menyesuaikan proses bisnis dan pelayanan terhadap konsumen supaya lebih cepat dan efektif. Sebagaimana diketahui, hampir seluruh kegiatan ekonomi mandek akibat pandemi, tak terkecuali UMKM.

“Digitalisasi membantu UMKM untuk bangkit pasca pandemi. Jika margin profitnya meningkat, penyerapan tenaga kerja bertambah, otomatis perputaran uang di daerah tempat UMKM itu beroperasi pun makin banyak,” ujarnya, dikutip Senin (15/8/2022).

Baca juga: Keren, 20 UKM Siap Produksi Merchandise Resmi G20 Indonesia

Dia menegaskan, UMKM punya peran strategis dalam pembangunan nasional. “UMKM yang go internasional menjadi sarana menambah devisa negara,” imbuh Azura dalam webinar yang ditujukan khususnya bagi komunitas di Sulawesi dan sekitarnya.

Pada kesempatan yang sama, Humas Pemprov Sulsel Mudrikan Hidayat Nacong mengatakan, perkembangan teknologi digital dapat mendorong berkembangnya seni dan budaya. Masyarakat pun kini sampai pada era ekonomi kreatif, setelah melalui berbagai era seperti pertanian, industri, dan informasi. “Di tengah ketidakpastian global, ekonomi kreatif jadi harapan baru,” ucapnya.

Baca juga: HAKI Bisa Jadi Jaminan Pembiayaan, Wamenparekraf Angela: Terobosan Regulasi Perkuat Ekraf RI!
Halaman :
Komentar
Copyright © 2022 SINDOnews.com
read/ rendering in 0.1723 seconds (11.252#12.26)