alexametrics

Tujuh Perusahaan Asing Relokasi ke Indonesia Bikin Jokowi Senang

loading...
Tujuh Perusahaan Asing Relokasi ke Indonesia Bikin Jokowi Senang
Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengaku senang karena ada tujuh perusahaan yang sebelumnya berlokasi di beberapa negara melakukan relokasi ke Indonesia. Foto/Dok
A+ A-
JAKARTA - Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengaku senang karena ada tujuh perusahaan yang sebelumnya berlokasi di beberapa negara melakukan relokasi ke Indonesia. Bahkan ada 17 perusahaan lainnya yang juga memiliki komitmen untuk masuk ke Indonesia.

“Saya senang hari ini sudah ada yang masuk tujuh. Sudah pasti ini yang tujuh. Kemudian ada 17 yang memiliki komitmen besar sudah masuk ke 60% hampir 100%,” katanya saat melakukan kunjungan kerja di Provinsi Jawa Tengah (Jateng), Selasa (30/6/2020).

Tujuh perusaah tersebut antara lain PT Meiloon Technology Indonesia yang relokasi dari Suzhou China. Lalu PT Sagami Indonesia yang relokasi pabrik dari Shenzen China karena biaya pabrik dan tenaga kerja di indonesia lebih kompetitif dari China. Kemudian PT CDS Asia (Alpan) yang relokasi dari Xiamen China karena tarif impor produknya dari Indonesia ke Amerika 0%, dibanding tarif 25% dari China ke Amerika.



(Baca Juga: Agus Gumiwang Bidik 150 Relokasi Perusahaan Jepang dan AS)

Selanjutnya PT Kenda Rubber Indonesia yang relokasi pabrik dari Shenzen China karena peningkatan permintaan pasar di Indonesia. Kemudian PT Denso Indonesia yang merupakan relokasi pabrik dari Jepang karena memandang Indonesia sebagai lokasi terbaik setelah melakukan riset ke berbagai negara di kawasan ASEAN. Lalu PT Panasonic Manufacturing Indonesia yang relokasi dari China karena ingin menjadikan Indonesia sebagai pasar basis ekspor bagi beberapa kategori produk home appliances

Terakhir adalah PT LG Electronics Indonesia yang relokasi dari Korea Selatan dan berencana menjadikan Indonesia sebagai regional hub baru yang menjangkau pasar Asia dan Australia. Sementara 17 perusahaan yang berniat relokasi ke Indonesia memiliki nilai investasi USD 37 Miliar dengan serapan tenaga 112.000 orang. Salah satu perusahaan telah menyatakan komitmennya yaitu LG Chemical dengan nilai investasi 9,8 miliar US, potensi penyerapan kerja 14.000 orang.

“Ini juga terus saya sampaikan pada para menteri dan Kepala BKPM dilayani dan dikejar. Disampaikan fasilitas apa yang ingin kita berikan. Baik urusan lahan urusan ijin, urusan listrik, gas dan lain-lain yang ini akan memberikan sebuah daya saing negara kita dalam rangka mereka mau merelokasi ke Indonesia,” tuturnya.

(Baca Juga: Jawa Barat Siap Tampung Relokasi Pabrik AS dan Jepang dari China)

Jokowi memperingatkan jangan sampai apa yang terjadi tahun lalu kembali terulang. Dimana terdapat relokasi 33 perusahaan dari Cina tapi Indonesia tidak dilirik.

“Sekali lagi, tujuan besarnya adalah membuka lapangan pekerjaan yang sebesar-besarnya kepada warga kita. Saya tidak mau lagi. Tadi ada potensi 119 perusahaan yang akan relokasi dari Cina keluar, jangan sampai kita tidak mendapatkan perusahaan itu untuk mau masuk ke Indonesia. Jangan kalah dengan negara-negara lain,” tegasnya.
(akr)
preload video
TULIS KOMENTAR ANDA!
Aktifkan notifikasi browser anda untuk mendapatkan update berita terkini SINDOnews.
Aktifkan
Tidak
Top