5 Negara yang Tidak Masuk Anggota Bank Dunia, Nomor Terakhir Konconya Amerika

Senin, 22 Agustus 2022 - 15:01 WIB
loading...
5 Negara yang Tidak Masuk Anggota Bank Dunia, Nomor Terakhir Konconya Amerika
Ada lima negara yang tak terdaftar menjadi anggota Bank Dunia. Foto/Dok
A A A
JAKARTA - Sedikitnya ada lima negara di dunia yang tidak termasuk sebagai anggota Bank Dunia . Padahal, sebagai lembaga internasional, Bank Dunia berperan sangat penting bagi sebuah negara berkembang untuk mendapatkan pendanaan pembangunan dan melawan kemiskinan.



Lembaga tersebut berdiri pada Konferensi Bretton Woods tahun 1944 bersama dengan International Monetary Fund (IMF). Pada perkembangannya, Bank Dunia telah memiliki banyak anggota yang berasal dari berbagai penjuru dunia.

Nah ternyata, tak semua negara tertarik atau mau menjadi anggota Bank Dunia. Dilansir dari laman World Atlas, berikut lima negara yang tidak termasuk sebagai anggota Bank Dunia.

1. Andorra

Andorra merupakan sebuah negara yang terletak di Semenjung Iberia. Negara ini berbatasan langsung dengan Prancis di Utara dan Spanyol di bagian selatan.

Meski berstatus sebagai negara kecil, Andorra ternyata bukan termasuk sebagai anggota Bank Dunia. Kemungkinan alasannya karena negara ini berada di bawah Yurisdiksi Spanyol dan Prancis yang berstatus sebagai anggota World Bank. Jadi kebijakan moneter apa pun yang memengaruhi kedua negara tersebut juga akan berimbas pada Andorra.

2. Korea Utara

Salah satu negara di Semenanjung Korea ini juga diketahui tidak menjadi bagian dari Bank Dunia. Dalam berbagai kebijakannya, Korea Utara memang dikenal sebagai negara tertutup.
Mungkin kebijakan itulah yang membuatnya tidak bergabung sebagai anggota Bank Dunia. Tidak hanya World Bank, negara yang dipimpin Kim Jong-un iii juga dikenal tidak terlalu aktif dalam berbagai organisasi internasional yang diikuti banyak negara lain.

3. Kuba
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1768 seconds (0.1#10.140)