Negara-negara Penghasil Pisang Terbesar Dunia, Nomor 9 Jadi Makanan Pokok

Selasa, 23 Agustus 2022 - 13:29 WIB
loading...
Negara-negara Penghasil Pisang Terbesar Dunia, Nomor 9 Jadi Makanan Pokok
Sebanyak 9 negara menjadi penghasil pisang terbesar di dunia, salah satunya bahkan menjadikan pisang makanan pokoknya. Foto/Ilustrasi
A A A
JAKARTA - Sedikitnya ada sembilan negara yang menghasilkan pisang paling banyak di dunia. Tak heran, pisang merupakan salah satu buah yang paling banyak dikonsumsi serta menjadi makanan favorit berbagai kalangan.

Pada awalnya pisang merupakan tumbuhan asli yang berasal dari kawasan Asia Tenggara. Namun kemudian, tanaman yang buahnya digandrungi banyak orang ini lantas menyebar ke seluruh dunia. Selain digunakan untuk konsumsi pribadi dalam negeri, pisang kini menjadi andalan ekspor bagi sebagian negara.



Dilansir dari laman Statista, berikut sembilan negara penghasil pisang terbesar di dunia.

1. India
India merupakan sebuah negara yang berada di Asia Selatan. Negara ini berbatasan langsung dengan Pakistan di Barat dan Bangladesh serta Myanmar di bagian Timurnya. Berstatus sebagai salah satu negara terpadat di dunia, India juga diketahui sebagai penghasil pisang terbesar di dunia. Menurut data Statista, pada tahun 2020 India memproduksi pisang sekitar 31.504.000 metrik ton.

2. China
China berada di posisi kedua sebagai negara penghasil pisang terbesar. Negara di kawasan Asia Timur ini memproduksi sekitar 11.513.000 metrik ton pisang pada tahun 2020. Dikutip dari laman Mappr, pisang telah dibudidayakan di China dalam kurun waktu yang cukup lama sebelumnya. Kebanyakan pisang ditanam di daerah selatan, terutama Guangdong, Yunnan, Hainan, hingga Guangxi.

3. Indonesia
Pisang merupakan salah satu buah favorit orang Indonesia. Tidak hanya dimakan langsung, di berbagai daerah pisang dihidangkan menjadi berbagai bentuk olahan lezat yang menggugah selera. Menurut data Statista, pada tahun 2020 produksi pisang Indonesia mencapai angka 8.182.000 metrik ton. Adapun besaran tersebut mengungguli beberapa negara Asia lainnya, termasuk Filipina.

4. Brasil
Brasil merupakan produsen pisang terbesar di Amerika Selatan, dimana pada tahun 2020 angka produksinya mencapai 6.637.000 metrik ton. Sama halnya dengan Indonesia, penduduk Brasil juga cukup menyukai jenis buah yang satu ini. Hal ini tentu cukup relevan dengan data yang menunjukkan sekitar 90% produksi pisang tahunannya dikonsumsi di dalam negeri.

5. Ekuador
Selain Brasil, Ekuador juga menjadi negara di kawasan Amerika Selatan yang memiliki produksi pisang cukup besar. Bedanya, mereka mengirim sebagian besar hasil produksinya ke luar negeri dan menjangkau banyak negara. Pada tahun 2020, produksi pisang di Ekuador mencapai 6.023.000 metrik ton. Adapun angka tersebut menempatkannya sebagai negara penghasil pisang terbesar di dunia nomor lima.

6. Filipina
Di posisi keenam ada tetangga Indonesia, yaitu Filipina. Dikutip dari laman Mappr, produksi pisang negara ini sebagian besarnya ditanam di Pulau Mindanao dan Davao. Menurut data Statista, Filipina memproduksi sekitar 5.955.000 metrik ton pisang pada tahun 2020. Angka ini terbilang cukup tinggi dan menjadikannya masuk jajaran negara penghasil pisang terbesar dunia.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.8173 seconds (0.1#10.140)