Harga Telur Naik, Kemendag Sebut Gara-gara Pelonggaran PPKM dan Bansos

Kamis, 25 Agustus 2022 - 10:14 WIB
loading...
Harga Telur Naik, Kemendag Sebut Gara-gara Pelonggaran PPKM dan Bansos
Harga telur naik karena permintaan tinggi akibat pelonggaran PPKM. Foto/AdveniaElisabeth/MPI
A A A
JAKARTA - Plt Direktur Jenderal Perdagangan Dalam Negeri Syailendra menegaskan, Kementerian Perdagangan berkomitmen untuk menstabilkan pasokan dan harga telur ayam ras yang saat ini mengalami kenaikan.

Baca juga: Harga Telur Naik Tinggi, Pengusaha Makanan Skala Kecil Menjerit

Berdasarkan pantauan Kementerian Perdagangan, tercatat per 23 Agustus 2022 harga telur ayam ras di tingkat eceran mencapai Rp31.000/kg atau naik sekitar 2,9% dibandingkan seminggu sebelumnya dan naik sekitar 6,1% dibandingkan sebulan sebelumnya.

“Kementerian Perdagangan saat ini tengah berkoordinasi dan bekerja sama dengan Badan Pangan Nasional serta Kementerian Pertanian untuk menciptakan iklim usaha perunggasan yang kondusif. Dalam jangka panjang, diharapkan akan terbentuk ekosistem perunggasan yang sinergis dan berdampak positif bagi seluruh pelaku usaha perunggasan dan masyarakat selaku konsumen,” ungkap Syailendra dari keterangan resminya, Kamis (25/8/2022).

Syailendra menjelaskan, sejumlah faktor yang menyebabkan kenaikan harga telur ayam ras yaitu kenaikan permintaan terhadap komoditas pangan tersebut dengan adanya pelonggaran pemberlakuan pembatasan kegiatan masyarakat (PPKM).

“Kebijakan pelonggaran PPKM terkait dengan perubahan status Covid-19 dari pandemi menjadi endemi telah meningkatkan permintaan terhadap telur ayam ras dengan sangat signifikan, yaitu sebesar 60% untuk memenuhi konsumsi rumah tangga, horeka hotel, restoran, dan kafe (horeka), serta industri makanan dan minuman,” urai Syailendra.

Akibat kenaikan permintaan tersebut, lanjut Syailendra, tidak sedikit pedagang besar yang meningkatkan stok telur untuk dapat memenuhi permintaan masyarakat, selain untuk keperluan mendukung program bansos/penyaluran telur kepada masyarakat.

Baca juga: Sedang Video Streaming di Facebook, Wanita Berusia 23 Meninggal Tenggelam

Dia mengungkapkan, kejadian serupa pernah terjadi pada Desember 2021 ketika penyerapan telur oleh pemerintah untuk bansos menyebabkan harga telur ayam ras di tingkat peternak mencapai Rp23.000/kg dengan puncak tertinggi terjadi pada Minggu IV Desember 2021 yang mencapai Rp26.900/kg.

(uka)
Komentar
Copyright © 2022 SINDOnews.com
read/ rendering in 0.1461 seconds (11.210#12.26)