Catat! Mulai 30 Agustus, Naik Kereta Jarak Jauh Wajib Vaksin Booster

Sabtu, 27 Agustus 2022 - 23:11 WIB
loading...
Catat! Mulai 30 Agustus, Naik Kereta Jarak Jauh Wajib Vaksin Booster
Mulai 30 Agustus calon penumpang kereta api wajib sudah vaksin ketiga atau booster. Foto/SINDOnews/Eko Purwanto
A A A
JAKARTA - PT KAI (Persero) melakukan perubahan peraturan dalam perjalanan kereta api (KA). Bagi penumpang KA jarak jauh berusia 18 tahun ke atas diwajibkan telah melakukan vaksinasi ketiga atau booster .

Sedangkan pelanggan usia 6-17 wajib telah melakukan vaksinasi kedua. Kebijakan ini berlaku untuk perjalanan KA keberangkatan mulai 30 Agustus 2022.

"Perubahan dalam aturan terbaru ini adalah sebelumnya pelanggan yang belum vaksin booster masih diperbolehkan melengkapinya dengan hasil negatif RT-PCR, namun mulai 30 Agustus hal tersebut tidak berlaku lagi," kata VP Public Relations KAI Joni Martinus melalui keterangan tertulis, Sabtu 27/8/2022).



Joni mengatakan perubahan tersebut menyesuaikan dengan terbitnya SE Kementerian Perhubungan Nomor 84 Tahun 2022 tentang Petunjuk Pelaksanaan Perjalanan Orang Dalam Negeri dengan Transportasi Perkeretaapian pada Masa Pandemi Covid-19 tanggal 26 Agustus 2022.

Dia mengatakan bahwa saat ini adalah masa sosialisasi dan masyarakat diminta memperhatikan persyaratan terbaru ini dengan seksama agar tetap dapat melanjutkan perjalanannya.

"Untuk masa transisi sosialisasi aturan baru ini, khusus pelanggan dengan tiket keberangkatan 30 Agustus sampai 12 September yang tidak dapat menunjukkan persyaratan vaksinasi tersebut dapat membatalkan tiketnya dengan pengembalian bea 100%," katanya.

Adapun untuk pembatalan dapat dilakukan paling lambat H+7 tanggal keberangkatan KA di loket stasiun atau Contact Center KAI melalui WhatsApp 08111-2111-121.



Joni menambahkan, KAI akan terus menyosialisasikan kebijakan ini kepada para pelanggan dengan harapan para pelanggan mulai mempersiapkan diri dan memahami kebijakan ini. Berikut persyaratan lengkap perjalanan menggunakan Kereta Api Jarak Jauh dan Lokal mulai 30 Agustus:
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1106 seconds (0.1#10.140)